7 cara efektif mengatasi anak susah makan di rumah


7 Cara efektif mengatasi anak susah makan di rumah - Anak susah makan, sering kali menjadi kekhawatiran bagi orang tua. Bagaimana tidak, makan sangat dibutuhkan bagi anak untuk menjaga metabolisme dan tumbuh kembang bagi anak. 
7 cara efektif mengatasi anak susah makan di rumah

Baca juga : 14 cara menghilangkan perut buncit

Susah makan umumnya terjadi pada anak pada masa atau fase balita, hal ini di terjadi karena pada usia balita anak sudah mengenal dan menyukai makanan  yang di jual di luaran seperti warung, mini market, dan tempat lain sebagainya. Hal ini membuat anak lebih suka makan yang di jual di bandingkan makan makanan yang di buat di rumah padahal makanan atau jajanan yang di jual di luar sudah pasti mengandung bahan pengawet dan tidak baik untuk kesehatan anak. Tentu saja karena makanan yang di jual di luar memiliki bentuk, warna dan rasa yang menarik sehingga membuat anak lebih suka makan makanan yang di jual dari pada yang di buat di rumah.

Untuk mengatasi hal tersebut kita sebagai orang tua harus pandai mensiasati agar anak lebih suka makan di rumah ketimbang jajan di luar di luar. Berikut cara efektif mengatasi anak susah makan.
Baca Juga :pengaruh baik dan buruk gadget bagi anak-anak
7 cara efektif mengatasi anak susah makan di rumah
  • Membuat makanan yang di sukai anak

    membuat makanan yang di sukai anak dapat membuat anak lebih suka makan, karena makanan yang kita buat adalah kesukaan mereka. 
  • Memberikan pengetahuan bagi anak bahwa jaja di luar tidak baik buat kesehatan
    hal ini perlu kita lakukan, karena memberi pengetahuan tentang bahaya makanan yang di jual di luar harus kita tanamkan sejak dini, agar anak bisa paham dan lebih suka makan di rumah ketimbang jajan di luar.
  • Membuat Variasi makanan

    selain membuat makanan yang di sukai anak kita juga harus membuat variasi pada makanan, tujuannya agar anak bisa memilih makanan yang dia sukai dan tidak dalam satu jenis makanan saja.
Baca juga : cara mendidik anak agar mau berpuasa di bulan ramadhan
  • Kurangi anak jajan di luar

    jaga anak kita agar tidak terlalu sering jajan di luar sehingga mengurangi porsi makannya di rumah. Karena dengan sering jajan di luar, anak jadi malas untuk makan-makanan yang ada di rumah.
  • Buat makanan yang menarik

    anak pada fase balita tentu lebih suka sesuatu yang menarik begitu juga dengan makanan. Dengan membuat makanan dalam bentuk yang menarik bukan tidak mungkin akan membuat anak lebih suka makan di rumah di bandingkan makan atau jajan di luar.
  • Tanyakan pada pada anak ingin makan apa hari ini

    hal ini juga penting kita lakukan sebelum membuat makanan, agar anak juga lebih suka makan di rumah karena makanan yang di masak di rumah sudah sesuai dengan keinginannya.

  • Ajak anak membuat makanan yang dia suka

    sesekali ajak anak untuk ikut membuat makanan yang mereka suka. Tujuannya agar mereka paham dan bisa menghargai makanan yang di masak di rumah, karena proses membuat makanan yang membutuhkan tenaga, waktu dan kesabaran.
Baca juga : Efek samping kurang tidur yang terjadi pada tubuh manusia
Itulah 7 cara efektif mengatasi anak susah makan di rumah. Bila perlu tambahkan vitamin, agar anak memiliki selera ,makan yang tinggi. Mudah-mudahan sedikit informasi ini bisa membantu orang tua yang kebetulan memiliki anak yang susah makan di rumah.

0 Response to "7 cara efektif mengatasi anak susah makan di rumah"

Posting Komentar