Penyakit yang harus di waspadai pada anak dan balita

Penyakit yang harus di waspadai pada anak dan balita - Anak merupakan buah hati dari kedua orang tua. Pada dasarnya orang tua pasti ingin anaknya selalu dalam keadaan sehat. Tapi tahukah anda orang tua, pada anak apalagi pada fase balita, sangat rentan terhadap penyakit. Hal itu di sebabkan karena pada anak dan balita sistem kekebalan tubuhnya masih lemah dan akan sangat mudah untuk terserang penyakit apalagi penyakit yang sifatnya menular.

Penyakit yang harus di waspadai pada anak dan balita

Menjaga anak agar selalu sehat memang tidaklah mudah, banyak sekali faktor yang menyebabkan anak menjadi sakit, diantaranya terserang virus dan bisa juga karena perubahan cuaca.  Salah satu faktor yang paling sering membuat anak sakit adalah akibat terserang virus.
Baca juga : 7 cara efektif mengatasi anak susah makan di rumah
Baca juga :pengaruh baik dan buruk gadget bagi anak-anak 
Adapun penyakit yang harus di waspadai yang menyerang pada anak dan balita dia antaranya :

Penyakit yang harus di waspadai pada anak dan balita







  •  Batuk Pilek
    Penyakit yang satu ini bisa menyerang siapa saja baik itu dewasa atau pun anak-anak. Akan tetapi diantara keduanya yang sangat rentan sekali terserang batuk pilek adalah anak-anak. Penyakit ini sering ditandai dengan hidung tersumbat, sakit pada tenggorokan, bahkan bisa mengakibatkan demam. Batuk pilek merupakan salah satu penyakit yang bisa menular. Oleh karenanya, bagi orang tua yang terkena batuk pilek diharapkan untuk tidak terlalu dekat dengan anak karena penyakit ini sangat mudah sekali menular, apalagi dengan anak-anak. segera beri obat sesuai usia anak dan jika batuk terjadi dalam waktu yang lama, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

  • Penyakit yang harus di waspadai pada anak dan balita
    • Demam


      Demam sering terjadi pada anak dan balita. Biasanya di tandai dengan meningkatnya suhu tubuh antara 38-39 derajat celsius. Pada anak yang memiliki daya tahan tubuh kurang baik bisa  mengakibatkan step atau membuat anak menjadi kejang. Bila hal ini terjadi tentu akan membahayakan bagi anak. Untuk itu bagi orang tua yang memiliki anak berumur kurang dari 5 tahun dan sering terkena demam, selalu sedia termometer sebagai alat untuk mengukur suhu tubuh jika anak terkena demam. Dan jangan lupa segera periksa ke dokter jika anak mulai terserang demam.

      Menurut para dokter, walaupun demam tidak termasuk dalam penyakit melainkan suatu gejala yang menyertai penyakit, tetap saja membuat orang tua khawatir jika anak terkena demam.
    Penyakit yang harus di waspadai pada anak dan balita


    • Diare


    Diare merupakan salah satu penyakit yang paling sering terjadi pada anak dan balita. Penyakit yang menyerang saluran pencernaan ini di sebabkan oleh kuman, virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia akibat mengkonsumsi makanan yang tidak bersih. Bukan hanya itu pola makan dan jenis makanan yang masuk kedalam tubuh juga bisa menyebabkan diare.

    Jika terjadi dalam waktu lebih dari satu hari segera periksa ke dokter, karena diare yang berkelanjutan dapat membuat penderitanya kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi sehingga penderitanya menjadi lemas, bahkan ada diantaranya yang sampai meninggal dunia akibat terlambat memberikan pengobatan.

    Penyakit yang harus di waspadai pada anak dan balita


    • Muntaber
      Sama halnya dengan diare penyakit Muntaber juga menyerang bagian pencernaan pada tubuh manusia, akan tetapi pada sakit Muntaber juga disertai dengan muntah, bahkan dengan kondisi yang parah bisa mengakibatkan muntah dan berak disertai darah. Muntaber juga membuat cairan tubuh akan sangat cepat berkurang. Penyakit ini juga bisa mengakibatkan kematian pada si penderita terutama anak dan balita karena tidak cepat mendapatkan penanganan medis.

    Penyakit yang harus di waspadai pada anak dan balita

    • Cacar
      Cacar merupakan penyakit yang menyerang bagian kulit manusia. Pada anak dan balita sering di jumpai penyakit yang satu ini. Penyakit ini di sebabkan oleh virus yang akan membuat kulit  si penderita akan timbul bintik-bintik yang akan terasa gatal dan apabila di garuk akan membuat bintik bertambah banyak. dan bekas nya akan  hilang dalam waktu yang cukup lama.
    Penyakit yang harus di waspadai pada anak dan balita

    • Demam berdarah
      Berbeda dengan demam biasa, demam berdarah disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypty yang menyerang pada waktu pagi antara jam 8 - 10 pagi dan sore hari antara jam 4 -5 sore. Demam berdarah sering terjadi jika memasuki musim hujan. Biasanya pada penderita demam berdarah akan timbul bintik-bintik merah pada bagian tubuh tertentu seperti di bagian lipatan tangan. Pada demam berdarah suhu tubuh akan naik lebih tinggi dibandingkan demam biasa yaitu di angka 38 - 40 derajat celsius. Pada banyak kasus demam berdarah banyak memakan korban jiwa terutama pada anak dan balita. 
    Untuk terhindar dari berbagai penyakit diatas selalu jaga kebersihan baik itu lingkungan atau makanan yang di konsumsi setiap harinya dan  Selalu biasa kan hidup sehat. Selalu awasi kegiatan anak tanpa harus membatasinya agar anak terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

    Itulah beberapa penyakit yang harus di waspadai pada anak dan balita. Semoga artikel bisa bisa memberi informasi bagi yang membaca.


    0 Response to "Penyakit yang harus di waspadai pada anak dan balita"

    Posting Komentar