cara menggunakan komputer yang baik dan benar sesuai prosedur bagi pemula

cara menggunakan komputer yang baik dan benar sesuai prosedur bagi pemula - Komputer pada dasarnya terdiri dari dua bagian, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras terdiri dari CPU dan semua isi di dalamnya, monitor, keyboard, mouse dan masih banyak lagi, sedangkan perangkat lunak adalah program dan software yang sudah atau akan di istal pada komputer.

Dalam perkembangannya komputer sudah melewati banyak sekali perubahan. Komputer juga memiliki peran penting dalam perkembangan teknologi sekarang ini. Di samping itu komputer memiliki  banyak sekali fungsi, dari yang hanya untuk browsing atau untuk bermain game baik itu offline maupun online, komputer juga memiliki funsi untuk membuat desain, grafik dan masih banyak lagi.
Baca juga :cara setting IP ( internet protocol ) secara manual di Windows 7
Bagi seorang pemula menggunakan komputer memang susah-susah gampang karena memang banyak perintah-tertentu dari komputer. Tapi anda jangan takut karena sesungguhnya menggunakan komputer itu sangatlah menyenangkan, karena banyak sekali hal yang bisa dilakukan dengan perangkat ini. Dan bagi kalian yang ingin belajar komputer, belajarlah terlebih dahulu cara menggunakan komputer yang baik dan benar sesuai prosedur bagi pemula. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah di bawah ini.

cara menggunakan komputer yang baik dan benar sesuai prosedur bagi pemula.
➤  Pastikan semua perlatan yang digunakan sudah terpasang.
Sebagai langkah awal sebelum menghidupkan komputer , pastikan semua peralatan yang di gunakan sudah terpasang dengan baik dan benar.Contohnya.
- Pastikan kabel CPU sudah terpasang dari CPU ke colokan listrik, dan jika menggunakan alat bantu seperti Stabilizer atau UPS colokan terlebih dahulu ke kedua alat tersebut sebelum menghubungkan langsung ke kontak listrik.
- Pastikan kabel VGA sudah terpasang sesuai dengan tempatnya.
- Untuk kabel monitor langkahnya sama dengan kabel CPU.
- yang terakhir jangan lupa juga pastikan kabel mouse dan keyboard sudah terpasang di CPU.
Jika semua perlatan di atas sudah terpasang dengan benar lanjut ke langkah selanjutnya.
Baca  juga : cara membuat daftar isi secara otomatis dan rapi untuk skripsi
➤  Gunakan alat bantu listrik
Alat bantu listrik sangat penting di gunakan pada komputer, karena komputer memakan daya listrik yang cukup besar dan harus mendapatkan  arus listrik yang stabil. dan bila perlu pakai juga UPS jika di daerah kalian sering mengalami mati lampu. karena jika komputer sering mengalami mati lampu atau mati secara  mendadak, akan mempercepat kerusakan pada komponen-komponen komputer. Jika langkah ini juga sudah selesai dilakukan kita lanjut ke langkah berikutnya.

➤  Menghidupkan komputer.
Jika langkah di atas sudah selesai di siapkan, saatnya untuk menghidupkan komputer. Untuk menghidupkan komputer yang baik dan benar, caranya adalah sebagai berikut.
- Tekan tombol Power  pada CPU, biasanya posisinya ada di bagian depan CPU. Jika tombol power sudah di tekan, lampu indikator juga akan menyala.

cara menggunakan komputer yang baik dan benar sesuai prosedur bagi pemula 
Keterangan gambar di atas :
1 : Adalah tobol Power
2 : Adalah tombol untuk Restart .

- Setelah CPU di nyalakan, selanjutnya nyalakan pula monitor, pada monitor tombol power biasanya terletak di bagian bawah.
Jika CPU dan monitor sudah dinyalakan silahkan tunggu proses booting selesai hingga komputer siap di gunakan. Untuk performa yang maximal sebelum dipakai hendaknya di refresh terlebih dahulu dan komputer siap di gunakan. Agar komputer terhubung ke internet pasang terlebih dahulu modem atau Wifi, jika sudah komputer siap di gunakan  untuk browsing, main game atau kegiatan lain yang bisa di lakukan dengan komputer.
Mematikan komputer
Jika anda sudah selesai menggunakan komputer dan ingin mematikan, Simpan atau Save terlebih dahulu file yang sudah di buat,  dan pastikan semua program yang di buka kita tutup / close  terlebih dahulu. Berikut cara mematikan komputer yang benar.
- Jangan mematikan komputer langsung dari Cpu, karena akan membuat komputeer bisa cepat rusak.
- Pada dasarnya baik itu Windows Xp,Windows 7, 8 dan 10cara untuk mematikannya hampir  sama.Setelah kita  Savedan tutup program yang kita gunakan, klik  Start lalu klik Shut down.

cara menggunakan komputer yang baik dan benar sesuai prosedur bagi pemula 
Tunggu hingga komputer benar-benar mati. Jika sudah cabut kabel yang terhubung ke arus listrik untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Sampai di sini pembahasan tentang cara menggunakan komputer yang baik dan benar sesuai prosedur bagi pemula. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.




0 Response to "cara menggunakan komputer yang baik dan benar sesuai prosedur bagi pemula"

Posting Komentar