cara membuat nomor halaman yang berbeda untuk makalah dan skripsi

Cara membuat nomor halaman  yang berbeda untuk makalah dan skripsi -Bagi kalian yang sedang kuliah atau masih sekolah pasti sudah mengenal yang namanya makalah dan skripsi. Nah! pembahasan kita kali ini ada hubungannya dengan makalah dan skripsi, tapi bukan makalah dan skripsi nya yang akan kita akan bahas, melainkan bagaimana cara membuat nomor halaman yang berbeda untuk makalah dan skripsi.

Untuk membuat halaman yang berbeda dengan halaman yang lain memang memiliki cara tersendiri dan cenderung agak sedikit rumit, tapi tentu saja tidak bagi yang sudah berpengalaman.
Baca juga : Cara Mudah Membuat Nomor Halaman Secara Otomatis di Microsoft Word
Cara Membuat Lamaran Kerja Dalam Bentuk PDF di Microsoft  Word
Contoh, letak nomor halaman pada skripsi berbeda dengan yang lain. Biasanya pada bagian Bab, letak nomor halaman berada di bagian bawah dengan posisi di tengah, sedangkan pada halaman berikutnya letak nomor halaman berada di bagian atas dengan posisi  di pojok sebelah kanan, dan begitu seterusnya sampai Bab yang terakhir. Bagaimana cara membuatnya ? untuk yang belum paham cara membuatnya ikuti langkah-langkah di bawah ini.

cara membuat nomor halaman  yang berbeda untuk makalah dan skripsi
1. Siapkan skripsi yang akan kita beri nomor  halaman
2. Pada bagian Cover biasanya tidak ada nomor halaman, karena nomor halaman dimulai dari Kata pengantar dan itu juga menggunakan angka romawi ( i ), untuk membuatnya taruh kursor pada bagian paling akhir tulisan di bagian Cover, lalu pilih menu Page Layout > klik Break > Next Page

cara membuat nomor halaman  yang berbeda untuk makalah dan skripsi 

3. Lalu klik 2 kali pada bagian atas atau  bawah halaman untuk menampilkan  menu  header dan footer, hilangkan tulisan Same as Previous dengan cara klik link to previous.

cara membuat nomor halaman  yang berbeda untuk makalah dan skripsi
4. Jika sudah sekarang kita langsung memberikan halaman, karena bagian depan menggunakan angka romawi terlebih dahulu kita rubah Format Page Number. Caranya klik Page Number > Format Page Number. Pada jendela Format Fage Number klik tanda panah ke bawah lalu pilih huruf romawi, terus klik Start at dan pilih romawi satu ( i ) karena kita akan mulai dengan halaman satu. Jika ingin memulai dengan halam dua dan seterusnya tinggal menggantinya saja. Terakhir klik Ok.
Cara Mengubah Pengaturan Hitam Putih / Warna Di Printer Epson L210, L220
cara membuat nomor halaman  yang berbeda untuk makalah dan skripsi


5. Kembali klik Page Number > Bottom of Page > dan pilih Plain Number 2.

cara membuat nomor halaman  yang berbeda untuk makalah dan skripsi

6. Untuk penulisan halaman pada bagian Bab, sama dengan  cara 1-5 di atas, bedanya pada halaman Bab, format halaman menggunakan angka bukan romawi. Lihat langkah nomor 4 pada kolom Page Number Format, yang nanti dipilih untuk halaman Bab adalah angka ( 1,2,3....).
2 Cara Mengubah File Word Ke JPG, PNG
7. Untuk pengisian Sub halaman setelah halaman Bab, yang pertama ikuti langkah No 2, pada langkah No3 karena posisi nomor halaman ada di pojok kanan sebelah atas, maka hilangkan juga Same as  Previous di bagian kanan atas,  selanjutnya ikuti langkah No 4 tapi pilih Format angka ( 1,2,3,...)  dan pada bagian start at mulai dengan nomor 2.

8. Langkah terakhir untuk menampilkan nomor pada halaman klik Page Number > Top of Page .>

cara membuat nomor halaman  yang berbeda untuk makalah dan skripsi

9. Untuk Bab II dan seterusnya kalian tinggal ikuti langkah-langkah yang sudah saya terangkan di atas sesuai tahapan yang ada. Selesai.
Cara Membuat Denah Lokasi Menggunakan Ms Word
Sekarang makalah atau skripsi yang kalian buat sudah memiliki nomor halaman dalam format dan posisi yang berbeda tanpa memindahkannya ke lembar baru. Memang  caranya agak sedikit rumit, tapi jika kalian sudah paham nanti juga akan terasa mudah dengan sendirinya.
Demikian artikel yang saya buat kali ini, semoga bermanfaat dan sedikit membantu bagi kalian yang memang sedang mencari cara membuat nomor halaman yang berbeda untuk makalah dan skripsi. Dan jika berkenan silahkan di share pada teman dan saudara kalian.



0 Response to "cara membuat nomor halaman yang berbeda untuk makalah dan skripsi"

Posting Komentar