Cara Merawat Printer Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak


Cara Merawat Printer Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak. Printer sebagai salah satu alat cetak yang populer di masyarakat tentu tidak selamanya dalam kondisi yang prima. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus di perhatikan agar printer yang kita pakai selalu dalam kondisi yang baik. Pada beberapa artikel sebelumnya saya sering membahas tentang masalah yang sering terjadi pada sebuah printer, salah satunya tentang cara reset Ink Pad printer epson L210, L22, L360 yang belum lama saya publikasi.
Cara Merawat Printer Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

Sebagai alat elektronik yang butuh perawatan dalam setiap pemakaiannya, pasti ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat alat elektronik yang biasa kita pakai yang salah satunya printer. Karena kebanyakan orang hanya bisa memakai tanpa bisa atau mau merawat alat yang di pakai nya. Dan kali ini saya ingin mencoba berbagi cara merawat printer agar awet dan tidak cepat rusak.

  •  Pakai setiap hari
Yang pertama harus kita lakukan adalah kita harus pakai printer setiap hari, itu harus kita lakukan dengan harus mencetak minimal satu lembar setiap harinya. Tujuannya agar sisa tinta yang masih ada di head printer tidak kering. Apabila sisa tinta menjadi kering, tentu akan menjadi masalah pada printer. Biasanya akan di awali dengan hasil print putus-putus, dan jika hal ini terjadi tentu kita harus cleaning head printer agar hasilnya bisa normal kembali.

  • Rutin Cleaning Head Printer
Berikutnya kita juga harus rutin cleaning head printer agar kondisi printer yang kita gunakan selalu dalam kondisi yang baik. Usahakan jangan tunggu sampai hasil printer tidak baik baru kita lakukan cleaning pada head printer. Jika kita hanya melakukan proses ini pada saat sudah terjadi masalah, yang mana kondisi pada head dalam kondisi tidak baik lama kelamaan akan berakibat rusaknya head printer yang kita miliki.

  • Jangan sampai tinta kosong
Salah satu hal penting yang harus kita perhatikan adalah kondisi pada tabung tinta. Jangan sampai tinta berada di bawah level minimum pada tabung apalagi jika sampai kondisi kosong. pada saat kondisi tabung kosong dan printer masih terus dalam proses cetak maka head akan menyedot angin karena tinta nya kosong. Jika hal ini sering terjadi maka head akan cepat rusak dan harus di ganti.

  • Bersihkan dari debu
Membersihkan debu merupakan salah satu faktor penunjang juga agar printer yang kita miliki tetap awet dan tidak cepat rusak. walau terlihat sepele debu yang menumpuk apalagi sampai banyak akan mengganggu dan membuat printer bekerja tidak maksimal. Debu yang menemep akan membuat printer terlihat kotor, jelek dan yang pasti akan membuat printer cepat rusak.

  • Jangan paksa printer mencetak terlalu banyak dalam waktu singkat.
Langkah selanjutnya jangan memaksa printer mencetak terlalu banyak dokumen dalam waktu singkat, beri jeda waktu beberapa saat agar mesin printer  tidak terlalu panas. memaksakan printer bekerja terlalu berat akan membuat kondisi rumah head akan panas karena terus bergesekan dengan besi penyangga yang ada di dalam printer.

  • Jangan menaruh kertas terlalu banyak.
Hal yang pernah saya alami sendiri karena sering menaruh kertas terlalu banyak adalah roler penarik kertas patah sehingga pada saat menarik kertas tidak satu persatu tapi sekaligus banyak. Tentu hal ini sangat merepotkan, karena pada akhirnya saya harus menaruh kertas satu persatu agar kertas tidak acak-acakan. Jadi untuk menghindari hal tersebut usahakan jangan terlalu banyak menaruh kertas. Cukup 10 - 20 kertas saja nanti jika mau habis tinggal di tambahkan lagi.

 Baca juga : Cara Riset Ink Pad Printer Epsin L210, L220, L360
                    Begini Cara Menambahkan Ukuran Kertas F4 Di Printer Epson
                    Cara Scan Printer Epson L210, L220 

Nah..itulah beberapa cara merawat printer agar awet dan tidak cepat rusak. mudah-mudahan apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat. Dan bila masih ada kekurangan mohon di maklum karena saya menulis ini berdasarkan pengalaman pribadi.
 

0 Response to "Cara Merawat Printer Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak "

Posting Komentar