Cara Mengatur Margin [ Batas Tepi ] Di Microsoft Word

Cara Mengatur Margin [ Batas Tepi ] Di Microsoft WordCara Mengatur Margin [ Garis Tepi ] Di Microsoft Word. Margin adalah garis tepi batas tulisan dengan bagian tepi kertas yang ada di microsoft word. Pengaturan margin sendiri sangat penting dalam melakukan beberapa pekerjaan di microsoft word terutama pada pembuatan skripsi yang memang ada aturannya dalam menggunakan margin.
Di microsoft word sendiri ada beberapa tipe margin yang biasa di gunakan. Salah satunya adalah tipe Normal yang memiliki garis batas Top : 2.54 cm  Left : 2.54 cm Bottom : 2.54 cm Right : 2.54 cm. Selain tipe Normal ada beberapa jenis lagi yang sudah tersedia di microsoft word, contohnya seperti gambar di bawah.

Top = bagian batas atas
Left = bagian batas kiri
Bottom = bagian batas bawah
Right = bagian batas kanan

Cara Mengatur Margins [ Batas Tepi ] Di Microsoft Word

Fungsi dari margin sendiri adalah untuk memberi batas ketik antara kanan, kiri atas dan bawah pada tulisan. Untuk mengatur margins sendiri sangatlah mudah. Kalian hanya perlu masuk ke menu Layout lalu pilih menu Margins pada pojok kiri atas. Kalian tinggal memilih tipe margins yang mana yang akan kalian gunakan.

Cara Mengatur Margins [ Batas Tepi ] Di Microsoft Word

Sedangkan pada skripsi, margin yang di pakai di luar dari contoh yang sudah ada di microsoft word. Jadi kalian harus membuatnya secara custom. Ukuran margin yang di gunakan untuk skripsi adalah 4-4-3-3. Maka untuk mendapatkan ukuran tersebut kita harus mengubahnya secara manual. Adapun cara mengubahnya adalah sebagai berikut.

1. Buka microsoft word dan masuk ke menu Layout lalu pilih margins.

Cara Mengatur Margins [ Batas Tepi ] Di Microsoft Word
 2. Setelah pilihan tipe margins terbuka kita pilih Customs Margins yang ada di posisi paling bawah.
Cara Mengatur Margins [ Batas Tepi ] Di Microsoft Word
3. Akan muncul jendela page setup. Pada kolom margins ubah Top = 4 Left = 4 Bottom = 3 Right = 3. Jika sudah lanjut pilih OK. Untuk lebih jelas lihat gambar di bawah.
Cara Mengatur Margins [ Batas Tepi ] Di Microsoft Word


Nah, Setelah posisi margin sudah kita ubah  seperti keterangan di atas, maka Margin pada lembar kerja microsoft word juga akan berubah secara otomatis. Sebagai contoh kalian bisa lihat gambar di bawah.

Sekarang kalian sudah bisa mengatur margin sendiri, jadi tidak perlu lagi bingung atau minta bantuan sama orang lain.
Catatan : Selain mengatur margin alangkah baiknya sebelum kalian mulai mengetik atur pula ukuran kertas, jenis huruf dan spasi. Agar ketikan menjadi lebih rapi dan baik secara struktur.

Sampai di sini artikel tentang cara mengatur margin [ batas tepi ] di microsoft word. Semoga yang saya bagikan ini bisa bermanfaat. Apabila ada saran atau pertanyaan. Anda bisa menulisnya di kolom komentar

0 Response to "Cara Mengatur Margin [ Batas Tepi ] Di Microsoft Word"

Posting Komentar