Cara mendidik anak agar mau berpuasa di bulan Ramadhan


Cara mendidik anak agar mau berpuasa di bulan Ramadhan - Bagi orang tua tentu sangat bangga apabila anak kesayangan mau ikut berpuasa di bulan ramadhan. Memang untuk anak yang umurnya masih belum aqhil baliq belum di wajibkan untuk berpuasa, akan tetapi tidak ada salahnya bila kita sebagai orang tua mengajarkan sejak dini kepada anak untuk puasa di bulan Ramadhan. Tujuannya tentu saja agar si anak pada saat sudah aqhil baliq dia terbiasa untuk berpuasa.
Cara mendidik anak agar mau berpuasa di bulan Ramadhan
Cara mendidik anak agar mau berpuasa di bulan Ramadhan
Memang tidak mudah mengajarkan pada anak-anak untuk bisa puasa, karena memang di usia nya, mereka sedang senang-senangnya untuk bermain, jajan atau yang lainnya. Oleh sebab itu kita sebagai orang tua di tuntut untuk mendidik anak agar menjadi anak yang lebih baik lagi pada saat mereka dewasa nanti.

Untuk mengajarkannya agar mau berpuasa kita tidak harus memaksa atau memarahinya, karena  jika kita memaksa, justru si anak akan merasa tidak nyaman atau bahkan tidak akan mau untuk berpuasa. Adapun cara mendidik anak agar mau untuk berpuasa di bulan Ramadhan adalah sebagai berikut.
  1. Ajarkan pada anak bahwa puasa itu bisa membuat tubuh kita menjadi sehat. Karena dengan puasa kita tidak makan atau minum makanan yang tidak sehat yang biasa di konsumsi sehari-hari.
  2. Ajak anak untuk sahur bersama, agar pada saat siang hari dia tidak cepat merasa lapar dan haus.
  3. Ajarkan untuk puasa setengah hari terlebih dahulu pada hari pertama dan kedua puasa. Pada hari-hari berikutnya usahakan puasanya full satu hari penuh.
  4. Berilah imbalan bila anak kita mau untuk puasa, baik itu berupa uang atau mainan jika dia mau berpuasa.Tujuannya tentu bukan memberi suap, tapi agar si anak mau untuk berpuasa tanpa merasa di paksa dan si anakpun akan merasa termotifasi dengan hadiah yang akan di dapatnya bila mau bepuasa. 
  5. Ajarkan pada anak bahwa dengan dengan puasa kita bisa masuk surga,karena puasa juga merupakan ibadah. Dan di bulan Ramadhan memang wajib bagi umat islam untuk berpuasa.
  6. Ajarkan pada anak bahwa dengan puasa kita dapat merasakan bagaimana saudara kita yang kelaparan yang belum tentu bisa makan dalam sehari.
  7. Ajarkan bahwa puasa itu tidak hanya menahan lapar dan haus, tapi juga melatih kesabaran, melawan hawa nafsu dan menahan amarah.
  8. Ajarkan bahwa puasa juga harus sholat. Karena kalau puasa tidak sholat sama saja pake baju tidak pake celana.
  9. Ajarkan untuk menahan lapar dan haus lebih baik tidur, karena bagi orang yang berpuasa tidur juga ibadah. Tapi jangan tidur terus-terusan yah.
Baca juga: doa puasa,doa buka puasa dan doa niat sholat tarawih di bulan ramadhan
Mungkin cara di atas bisa membantu anda sebagai orang tua untuk mendidik anak sejak dini untuk mau bepuasa, apalagi di bulan Ramadhan.

Mudah-mudahan anak kita menjadi anak yang soleh dan soleha. Yang berguna bagi bangsa dan agamanya. Amin. Sampai disini bagaimana cara mendidik anak agar mau berpuasa di bulan Ramadhan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Jika artikel ini dirasa bermanfaat silahkan di share...😊😊😊

0 Response to "Cara mendidik anak agar mau berpuasa di bulan Ramadhan"

Posting Komentar