pengaruh baik dan buruk gadget bagi anak-anak


pengaruh baik dan buruk gadget bagi anak-anak Gadget merupakan perangkat elektronik yang memiliki fungsi khusus didalamnya, perkembangan gadget sendiri dari waktu ke waktu sangat pesat seiring dengan berkembangnya teknologi. Memiliki gadget untuk sekarang seperti sebuah keharusan bagi setiap orang, bagaimana tidak dari anak TK sampai orang dewasa sekarang sudah memiliki gadget masing-masing. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk mengawasi anak-anaknya yang sudah terbiasa menggunakan gadget agar tidak melakukan atau menggunakan fitur yang belum waktunya untuk si anak menggunakannya.
pengaruh baik dan buruk gadget bagi anak-anak
pengaruh baik dan buruk gadget bagi anak-anak 

Baca juga: efek samping kurang tidur yang terjadi pada tubuh manusia

Seiring perkembangannya yang pesat, beragam jenis gadget dan merek sudah banyak di pasaran mulai dari harga yang murah sampai harga yang mahal. Untuk perkembangan dan kesehatannya menggunakan gadget tentu memiliki dampak baik dan dampak buruknya, oleh karena itu peran serta orang tua sangat di butuhkan untuk mengawasi anak-anak agar tidak terjerumus kedalam dampak buruk menggunakan gadget. Adapun dampak baik dan dampak buruk menggunakan gadget bagi anak-anak adalah sebagai berikut.

Pengaruh baik gadget bagi anak-anak

1. Mudahnya mendapatkan informasi yang di butuhkan
Dengan menggunakan gadget apalagi sekarang gadget sudah memiliki teknologi yang canggih di mana memudahkan si pengguna untuk mendapatkan informasi, Dengan hanya mengetikan kata kunci pada mesin penelusuran google maka semua informasi yang terkait akan langsung muncul si beranda google, sekarang tinggal memilih mana yang sesuai dengan keinginan si pencari. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk anak-anak apalagi ketika mereka mendapat tugas dari sekolah dan harus mencari di internet.

Baca juga: manfaat luar biasa berjalan kaki bagi tubuh dan kesehatan

2. memudahkan dalam berkomunikasi
Dengan banyaknya aplikasi-aplikasi yang tersedia bagi pengguna gadget terutama aplikasi untuk berkomunikasi seperti BBM, WHATSAPP,FACEBOOK, dll sangat memudahkan bagi si anak untuk berkomunikasi baik itu dengan orang tua atau pun dengan teman sekolahnya. Hal ini tentu sangat baik apalagi dengan adanya gadget orang tua dapak memantau kondisi anaknya di manapun anaknya berada dengan cara berkomunikasi menggunakan gadget tersebut.

3. Merangsang dan melatih sistem motorik anak
penggunaan gadget juga ternyata dapat mempengaruhi dan merangsang sistem motorik pada anak, tidak dapat di pungkiri beberapa aplikasi yang terdapat di salam gadget sangat bermanfaat untuk merangsang dan melatih sistem motorik pada anak seperti game atau yang lain yang sesuai dengan usia si anak. Dalam hal ini tetap harus dalam pengawasan orang tua agar tidak terjadi kecanduan pada anak.

Baca juga: 14 cara mengecilkan perut buncit

4. Menambah wawasan
Dengan semakin mudahnya mendapatkan informasi atau berita sehari-hari tentu dapat menambah wawasan pada anak agar tidak ketinggalan informasi yang terbaru yang bisa di dapatkan selain dengan melihat di Tv. tentu saja harus dalam kontrol orang tua agar wawasan yang si dapat sesuai dengan usia anak.

5. Dapat menghilangkan stres
Tidak dapat di pungkiri bermain gadget dapat menghilangkan stres pada anak, Apalagi setelah mendapatkan pelajaran yang membuat mereka pusing atau setelah ujian, tentu mereka membutuhkan hiburan yang salah satunya dengan menggunakan gadget. selain bisa bermain game mereka juga bisa saling berkomunikasi dengan teman mereka dan tentu saja dapat menghilangkan stres yang mereka alami setelah mendapatkan pelajaran di sekolah.

Selain memiliki pengaruh yang baik ternyata menggunakan gadget juga memiliki pengaruh yang buruk bagi anak. Apa sajakah itu.

Pengaruh buruk menggunakan gadget bagi anak-anak

1. Dapat berdampak bagi kesehatan
menggunakan gadget secara terus-menerus dapat berdampak bagi kesehatan, bagaimana tidak secara tidak langsung gadget yang kita pergunakan memancarkan radiasi yang tidak baik bagi kesehatan, dan jika hal ini dilakukan secara terus menerus tentu akan menyebabkan tubuh kita terserang penyakit seperti kanker akibat radiasi yang di pancarkan dari gadget.

Baca juga: menghilangkan bekas luka menggunakan bahan alami

2. Membuat anak menjadi malas
Bergelut seharian dengan gadget tentu terasa menyenangkan apalagi di saat libur sekolah, Tapi hal ini tentu saja berakibat buruk karena akan membuat si anak menjadi malas ketika di suruh melakukan sesuatu atau bahkan mengerjakan PR sekolah. Karena mereka sudah merasa nyaman dengan menggunakan gadget tanpa melakukan pekerjaan lain.

3. Tidak bergaul dengan orang di sekitar rumah
Seringnya menggunakan gadget dengan aplikasi-aplikasi yang sangat menghibur akan membuat kita betah di dalam rumah, dan sudah pasti interaksi terhadap orang lain menjadi kurang bahkan jarang, hal ini tentu saja tidak baik bagi anak, karena dia akan menjauh dari orang-orang di sekitar dan susah untuk ber-sosialisasi dengan orang lain.

Baca juga: obat diare anak dengan cara alami

4. Membuat ketagihan
Sama halnya seperti minum kopi atau merokok penggunaan gadget yang terlalu berlebihan juga dapat membuat anak ketagihan dan tidak bisa jauh dari yang namanya gadget. Tentu saja efeknya tidak baik bagi perkembangan anak, karena sudah ketergantungan dengan gadget.

Dari penjelasan di atas memang sekarang ini gadget sudah menjadi suatu kebutuhan yang cukup penting bagi beberapa orang bahkan untuk anak-anak usia sekolah. Tidak ada salahnya memberikan gadget kepada anak anak, asalkan penggunaan-nya tetap di awasi oleh orang tua agar si anak tidak sampai terkena pengaruh buruk dari gadget. Batasi waktu anak untuk menggunakan gadget, kontrol penggunan-nya dan jangan sampai membuat anak kita ketagihan menggunakan gadget. Semoga artikel ini bermanfaat.









0 Response to "pengaruh baik dan buruk gadget bagi anak-anak "

Posting Komentar