faktor penyebab timbulnya jerawat pada wajah


faktor penyebab timbunya jerawat pada wajah

faktor penyebab timbulnya jerawat pada wajahjerawat merupakan salah satu penyakit kulit  dan biasanya timbul di bagian wajah.  Jerawat sendiri terjadi akibat adanya proses peradangan yang terjadi pada lapisan kilit pada wajah. Biasanya jerawat timbul pada masa remaja atau pada masa pubertas, dan paling banyak terjadi pada jenis kulit wajah yang berminyak. Perubahan hormon yang terjadi pada masa pubertas menjadi faktor utama timbulnya jerawat pada wajah.  Berbagai cara pun dilakukan untuk menghilangkan jerawat yang sudah timbul di wajah. mulai dengan cara memakai obat-obatan alami sampai memakai obat-obatan kimia bahkan ada yang melakukan pengobatan dengan cara pintas yaitu dengan memencet langsung pada jerawat tersebut.

Ada peribahasa bilang " mencegah lebih baik dari mengobati " , apalagi bila hal ini berkaitan dengan  jerawat sudah pasti jika kulit wajah kita sudah terkena jerawat biasanya memiliki bekas pada wajah, semakin banyak timbul jerawat, semakin banyak juga bekas di wajah yang di akibatkan jerawat. Untuk itu kita harus mengetahui faktor apa saja yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah, agar kita bisa menghindari timbulnya jerawat pada wajah kita. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat pada wajah.

faktor penyebab timbunya jerawat pada wajah

Jarang membersihkan kulit wajah agar terhindar dari jerawat sering-seringlah membersihkan wajah, apalagi buat anda yang beraktifitas di luar ruangan dan langsung terpapar debu dan sinar matahari. karena debu yang menempel pada wajah akan menghambat pori-pori pada wajah dan debu juga dapat membawa ku
man yang dapat merusak kulit wajah.

  •  Faktor genetik ⇒ salah satu faktor faktor penyebab lainnya yaitu faktor genetik. untuk anda  yang mempunyai orang tua  yang  mempunyai riwayat berjerawat akan lebih mudah terkena jerawat di bandingkan dengan mereka yang memiliki orang tua yang tidak mempunyai riwayatberjerawat. Untuk itu anda harus lebih waspada terhadap resiko terkena jerawat.

  • Pengaruh penggunaan kosmetik ⇒ kosmetik yang anda gunakan bisa menjadi faktor penyebab timbulnya jerawat. Pemakaian kosmetik yang tidak cocok dengan kulit akan mengakibatkan alergi pada kulit, jika pemakaian di lakukan secaraterus menerus akan membuat kulit wajah berjerawat. jangan lupa segera membersihkan wajah setelah memakai kosmetik, karena apabila tidak di bersihkan akan menyumbat pori-pori kulit wajah yang akan menimbulkan jerawat.

  • Kulit berminyak ⇒ memiliki kulit yang berminyak juga menjadi faktor timbulnya jerawat, karena dengan kulit yang berminyak akan membuat kotoran melekat pada kulit wajah, dan akan menutupi pori-pori pada kulit wajah, apabila tidak segera di bersihkan akan menimbulkan jerawat.

  • Reaksi obat-obatan ⇒ Untuk anda yang sedang mengonsumsi  obat-obatan terutama obat mengandung bahan kimia juga bisa mejadi faktor timbulnya jerawat. reaksi obat yang tidak cocok pada tubuh sehngga membuat daya tahan tubuh melemah juga akan menyebakn timbbulnya jerwat pada wajah.

  • Pola tidur yang tidak teratur ⇒ selain tidak baik bagi tubuh pola tidur juga bisa mengakibatkan timbulnya jerawat, kurangnya waktu tidur akan membuat daya tahan tubuh menjadi menurun sehinnga kuman yang ada di wajah lebih mudah untuk berkembang biak yang akan merusak kulit wajah dan menimbulkan jerawat.

  •  Alergi makanan ⇒ untuk anda yang memiliki alergi terhadap makan biasanya telur, seafod atau yang lainnya, janganlah sekali-kali memakan makanan tersebut karena biasanya akan menimbulkan jerawat dan rasa gatal yang luar biasa. Untuk menghindarinya periksalah pada dokter makana apa sajakah yang boleh anda konsumsi.

  • Usia ⇒  pada saat memasuki usia pubertas biasa terjadi perubahan pada hormon yang tidak stabil dan biasanya terjadi pada usia 13-19 tahun. Pada usia tersebut biasanya lebih mudah terkena jerawat karena pengaruh dari hormon yang dapat mengakibatkan munculnya jerawat.

  •   Stres ⇒ orang yang sedang mengalami stres lebih mudah timbulnya jerawat. karena banyak sesuatu hal yang di fikirkan dan mempengaruhi metabolisme hormon dalam tubuh yang akan mengakibatkan timbulnya jerawat pada tubuh.



  • Merokok ⇒ kebiasaan merokok juga menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat. Zat nikotin yang terdapat pada rokok dapat dalam rokok tenyata dapat menimbulkan jerawat.




  • Pola makan yang tidak teratur ⇒makanan yang kita konsumsi setiap hari, apalagi makan yang mengandung lemak,berminyak dan makan lain yang secara tidak sadar justru menjadi pemicu timbulnya jerawat di wajah.



  • Polusi ⇒ udara yang sudah tercemar dengan polusi misalnya saja asapkendaraan bermotor, udara yang sudah tercemar  asap pabrik  dan debu yang beterbangan, akan membuat kulit wajah lebih mudah berjerawat.


Baca juga : 

0 Response to "faktor penyebab timbulnya jerawat pada wajah"

Posting Komentar