6 Fungsi Utama Komputer Server Dan Cara Menjaganya

6 Fungsi Utama Komputer Server Dan Cara Menjaganya - Belajar dari pengalaman saya menjadi operator warnet membuat saya sedikit banyaknya mengerti tentang komputer server. Walaupun saya tahu bahwa bukan hanya wanet yang menggunakan komputer server untuk mengontrol semua komputer client yang ada.

6 Fungsi Utama Komputer Server Dan Cara Menjaganya

Secara garis besar fungsi komputer server adalah sebagai alat kontrol dan penyedia layanan bagi komputer client yang di hubungkan oleh satu jaringan. Bisa di katakan komputer server adalah otak yang mengatur dan mengendalikan semua yang ada di komputer client.
Baca Juga : Cara Mudah Membatasi Konten Dewasa Di Youtube Untuk PC Dan Android

Apalagi di tengah perkembangan zaman yang semakin canggih seperti sekarang ini, dimana para produsen yang mengembangkan hadware dan software semakin meningkatkan level fungsi alat yang di buatnya. Sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi yang ada.

Untuk komputer server sendiri biasanya memiliki spesifikasi yang lebih tinggi di bandingkan dengan komputer pada client. Baik itu dari Prosesor, RAM, VGA, Hardisk dan lain sebagainya. Fungsinya tidak lain untuk menunjang kerja pada komputer client agar dapat berfungsi maksimal sebagai mana mestinya.
Baca Juga : PENGERTIAN, PENYEBAB DAN CARA MEMPERBAIKI HARDISK BAD SEKTOR
Fungsi utama komputer server.
Sebagai komputer server tentu memiliki banyak fungsi dan kelebihan yang dimiliki. Diantaranya adalah.
6 Fungsi Utama Komputer Server Dan Cara Menjaganya

1.    Pusat kontrol komputer client.
Seperti yang sudah saya jelaskan di atas salah satu fungsi utama komputer server adalah sebagai pusat kontrol semua komputer client yang ada. Di sini kita bisa membatasi atau membolehkan suatu program berjalan di komputer client.

2.    Menyediakan akses jaringan
Selain sebagai pusat konrol, fungsi lainnya adalah sebagai penyedia akses ke jaringan. Karena kita tau tanpa ijin dari server komputer client tidak akan bisa berjalan.

3.    Mengatur  akses  file komputer
Sebagai komputer server tentu memiliki kelebihan untuk membatasi file yang bisa di gunakan pada komputer client. Karena ada beberapa file yang client tidak boleh menggunakannya.
Baca juga : Penyebab Dan Cara Meyelamatkan Data  Hardisk Yang Rusak
4.    Mengatur akses jaringan
Selain mengatur akses file yang bisa di gunakan, juga berfungsi mengatur akses pada jaringan komputer. Misal, memblock situs yang kemungkinan dapat berbahaya bagi komputer client.

5.    Menyimpan database komputer client
Ini merupakan salah satu sebab mengapa komputer server memiliki kapasitas hardisk lebih besar. Karena untuk menyimpan semua database yang ada pada komputer client. Jadi bila nanti terjadi kerusakan pada komputer client. Datanya sudah ada di komputer server. Sehingga mudah untuk memperbaikinya.

6.    Menyimpan file dan data penting.

Fungsi utama lain pada komputer server adalah untuk menyimpan file dan data yang bersifat penting. Seperti semua software dan program yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan.

Dari ke enam fungsi utama komputer server di atas. Tentu sangat penting menjaga agar tidak terjadi masalah yang serius pada komputer server. Dan tentunya kita tahu bahwa jika terjadi gangguan baik itu besar atau kecil yang nantinya akan terjadi pada komputet server. Tentu komputer client juga akan mengalami masalah.
Baca Juga : Begini Cara Uload file Dan Folder Ke Google Drive [ Mudah ]
Cara menjaga komputer server.
Ada beberapa cara untuk menjaga komputer server agar tetap aman dan tidak terjadi masalah

1.    Pasang antivirus yang bagus, gunanya untuk menjaga komputer server dari serangan virus yang dapat merusak sistem dan jaringan pada komputer server.

2.    Pastikan memiliki cadangan listrik. Hal ini penting di lakukan untuk menjaga lalu lintas jaringan tetap terjaga pada saat ada pemadaman listrik secara mendadak.  Dan juga untuk menghindari komputer server mati secara mendadak pada saat pemadaman listrik.

3.    Jangan gunakan komputer server untuk kegiatan yang tidak seharusnya. Misalnya untuk men-download software dari situs yang di dalamnya mengandung virus yang nantinya akan menyerang juga komputer.

4.    Pastikan operator yang menjaga sudah ahli di bidangnya agar tidak salah mengoperasikan semua program yang sudah terpasang di komputer server.

5.    Menghapus dan menjaga komputer server dari program yang berhaya seperti virus dan yang lainnya.

Itulah beberapa fungsi utama dari komputer server dan cara menjaganya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Apabila ada pertanyaan dan saran, anda bisa isi pada kolom komentar yang ada di  bawah.

0 Response to "6 Fungsi Utama Komputer Server Dan Cara Menjaganya"

Posting Komentar