PENGERTIAN, PENYEBAB DAN CARA MEMPERBAIKI HARDISK BAD SEKTOR

Pernahkah kalian mendengar istilah bad sektor? Apa sebenarnya bad sektor itu? Dan bagaimana cara memperbaiki bad sektor?. Nanti akan saya jelaskan satu persatu.

PENGERTIAN, PENYEBAB DAN CARA MEMPERBAIKI HARDISK BAD SEKTOR

Pengertian Bad Sektor


Istilah bad sektor biasanya berkaitan dengan erat dengan komputer. Yah. Pada salah satu perangkat keras yang terdapat di dalam komputer yaitu hardisk. Bad sektor sektor sendiri memiliki arti rusaknya salah satu sektor atau partisi pada bagian hardisk. Sehingga pada sektor uang mengalami kerusakan tidak bisa di pakai lagi.

Misalkan hardisk di bagi menjadi 3 partisi yaitu drive C, drive D dan drive E. Dari ketiga partisi tersebut yang bad sektor adalah drive D. Maka drive D itulah yang tidak bisa lagi di gunakan. Kurang lebih seperti itulah contohnya.

Terus apakah hardisk yang bad sektor masih bisa di gunakan.? Jawabannya jelas iya. Karena 2 sektor lainnya pada hardisk masih bisa di gunakan. Akan Tetapi tentu saja kinerja yang di hasilkan tidak maksimal seperti biasanya.

Baca juga :
Cara Membuat Denah Lokasi Di Microsoft Word
Cara Mengatur margin [ Batas Tepi ] Di Microsoft Word
Cara Membuat Lamaran Kerja Dalam Bentuk PDF Di Microsoft Word

Penyebab Hardisk Bad Sektor

Seperti kita tahu hardis adalah sebuah benda elektronik yang tersusun dari beberapa bagian di dalamnya yang sangat rentan untuk rusak atau bad sektor.banyak sekali hal yang bisa menyebakan hardisk bad sektor. Diantaranya.

1.    Sering mematikan komputer dari tombol on/off di cpu. Padahal yang seharusnya di lakukan pada saat akan mematikan komputer adalah dengan cara shutdown  pada saat kpmputer masih menyala.

2.    Mati listrik. Apabila di tempat kalian sering terjadi pemadaman listrik alangkah baiknya menggunakan UPS. Alat ini bisa menyimpan aliran listrik sehingga pada saat terjadi pemadaman. Komputer yang kalian pakai tidak langsung mati. Ada waktu 10-15 menit untuk menyimpan data lalu kemudian shutdown.

3.    Arus listrik tidak stabil. Berbeda dengan pemadaman listrik, aliran listrik yang tidak stabil ( spaning ) juga bisa membuat hardisk bad sektor. Karena kita tidak tau kapan aliran listrik akan bagus dan tidak saat kita memakai komputer. Untuk itu sangat di sarankan untuk menggunakan stabilizzer untuk menstabilkan aliran listrik yang masuk ke komputer.

4.    Hardisk terjatuh. Hardisk yang sering terjatuh juga bisa membuat hardisk bad sektor. Karena mungkin bagian dalam hardisk ada yang rusak karena terkena benturan.

5.    Hardisk sudah tua / sudah lama di gunakan. Hal yang satu ini sudah jelas akan terjadi karena setiap benda memiliki masa pemakaian.

6.    Terserang virus. Virus yang sudah masuk ke sistem komputer jika sudah lama dan jumlahnya banyak akan membuat kerusakan pada komputer. Selanjutnya komputer yang sudah rusak akan sering restart sendiri yang bisa menyebabkan hadisk menjadi bad sektor.

7.    Tidak pernah melakukan defrag. Hal ini menjadi penting di lakukan untuk menjaga performa hardisk agar tetap maksimal.

Untuk menjaga hardisk tetap prima sebaiknya perhatikan beberapa hal di atas agar hardisk yang kalian gunakan bisa awet sesuai masa waktu pemakaian. Lalu bagaimana cara memperbaiki hardisk yang sudah bad sektor. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan diantaranya.


Baca juga :
Penyebab dan Cara Menyelamatkan Data Dari Hardisk yang Rusak
Begini Cara Upload File Dan Folder  Ke Google Drive
Cara Mudah Memberikan Nomor Halaman Di Microsoft Excel 

Memperbaiki Hardisk Bad Sektor.

1.    Gunakan Toll Smart Defrag.
Cara yang pertama harus dilakukan adalah dengan cara melakukan defrag pada hardisk. Gunanya untuk mengetahui apakah ada kerusakan atau tidak pada hardisk. Tool ini sudah tersedia di window anda tinggal menggunakannya saja. caranya kalian
  • Masuk ke windows explorer. 
  • Klik kanan pada drive C lalu pilih properties. 
  • Di jendela baru pilih menu Tool dan pilih Check now.
  • Kemudian Pilih Defrag Now

PENGERTIAN, PENYEBAB DAN CARA MEMPERBAIKI HARDISK BAD SEKTOR

2.     Gunakan aplikasi Bad Sektor Recovery. Kalian bisa gunakan aplikasi ini untuk memperbaiki hardisk yang bad sektor. Cara kerja  aplikasi ini akan mendeteksi bagian hardisk terlebih dahulu apakah ada yang rusak kemudian memperbaikinya agar bisa di gunakan kembali seperti semula.

3.    Menggunakan HDD regenerator. Aplikasi ini bisa kalian gunakan untuk memperbaiki hardisk yang bad sektor. Cara kerja aplikasi ini dengan memperbaiki bagian hardisk yang rusak. Sehingga keadaannya kembali seperti semula tanpa kehilangan data awal yang ada di hardisk

Lalu bagaimana cara agar hardisk tidak cepat bad sektor.
  1. Hindari mematikan komputer langsung dari tombol on/off di cpu
  2. Gunakan UPS / stabilizzer agar aliran listrik yang masuk ke komputer stabil dan tidak mati mendadak saat listrik padam.
  3. Bersihkan virus dengan anti virus yang bagus dan handal.
  4. Hindari hardisk dari benturan.
  5. Jaga kebersihan komputer dari debu dan sarang laba-laba.
Semoga komputer terutama hardisk yang kalian pakai bisa awet dan bisa di gunakan dalam jangka waktu yang panjang.


0 Response to "PENGERTIAN, PENYEBAB DAN CARA MEMPERBAIKI HARDISK BAD SEKTOR"

Posting Komentar