Penyebab Dan Cara Meyelamatkan Data Dari Hardisk Yang Rusak

Apa itu hardisk ? Hardisk adalah salah satu hadware atau perangkat keras yang pada umumnya di gunakan pada komputer. Posisi hardisk di komputer terletak di bagian dalam CPU ( central prosesing unit ). Ukuran besar penyimpanan pada hardisk berbeda-beda dari yang ukuran MB ( Mega Byte ) hingga TB ( Teta Byte). Hardisk ada 2 macam. Yang pertama Hardisk Internal yang kedua adalah Hardisk Eksternal.

Penyebab Dan Cara Meyelamatkan Data Dari Hardisk Yang Rusak

1.    Hardisk internal >> Hardisk yang posisi-nya di dalam CPU. Selain sebagai alat menyimpan data, hardisk internal juga berfungsi sebagai alat booting windows.

2.    Hardisk eksternal >> Sesuai namanya letak hardisk ini berada di luar. Dan fungsinya hanya sebagai alat untuk menyimpan data.

Penyebab Hardisk rusak

Ada beberapa faktor yang bisa meyebabkan hardisk rusak. Level-nya pun berbeda beda. Untuk kerusakan yang level-nya rendah seperti terserang virus, atau bad sector data yang ada di hardisk masih bisa di selamatkan. Akan tetapi untuk level kerusakan yang berat ( mati total ). Hanya ada dua kemungkinan antara bisa dan tidak bisa di selamatkan. Adapun yang menyebabkan kerusakan pada hardisk di antara- nya.

Baca juga:
Begini Cara Upload File Dan Folder Ke Google Drive [ Mudah ]
Cara Membuat Sertifikat Menggunakan Template Di Microsoft Word 2016
Cara Mudah Membuat Label Nama Undangan Menggunakan Microsoft Word
Cara Mudah Memberikan Nomor Halaman Di Microsoft Excel
Cara Membuat Lamaran Kerja Dalam Bentuk PDF di Microsoft Word
Cara Membuat Denah Lokasi Menggunakan Microsoft Word
  • Umur hardisk sudah tua. Hardisk yang di pakai sudah lama di pakai sehingga sudah waktunya untuk di ganti. Karena kita tahu bahwa semua perangkat elektronik memiliki batas waktu pemakaian.
  • Bad sektor. Adalah dimana salah satu sector di dalam hardisk mengalami kerusakan. Akan tetapi sector yang lainnya masih bisa di gunakan.
  • Hardisk jatuh. Ini biasanya sering terjadi pada Hardisk eksternal . Karena biasanya sering di taruh di tempat sembarangan yang akhirnya terjatuh.
  • Terserang virus – Biasanya terjadi jika kalian tidak menggunakan anti virus. Aktivitas dari download yang tidak aman. Dan komputer sering di pakai orang lain yang memasukan flasdisk yang teriveksi virus lalu menyebar ke komputer kalian.
Hardisk yang rusak terkadang masih ada yang bisa di perbaiki tetapi ada juga yang tidak bisa di perbaiki. Biasanya tergantung jenis kerusakan pada hardisk tersebut. Lantas, apakah data yang terdapat di dalam hardisk yang rusak masih bisa di selamatkan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut tentunya perlu pembahasan lebih dalam dan seperti yang sudah saya jelaskan di atas tergantung kerusakan juga pada hardisk tersebut.
Untuk bisa mendapatkan kembali data yang terdapat pada hardisk yang rusak sebenarnya ada beberapa cara yang bisa di lakukan. Di antaranya.

Cara Menyelamatkan data Hardisk yang rusak 

1.  Tukar hardis ke komputer lain
Sebelum kalian melakukan hal yang lebih jauh cobalah cara yang pertama yaitu dengan mengecek kembali hardisk kalian yang rusak dengan memindahkannya ke perangkat lain. Kenapa hal ini harus kalian coba? Karena saya sudah mengalaminya sendiri. Caranya.
  • Copot hardisk yang ada di CPU kemudian tukar dengan hardisk yang ada di komputer lain. Atau kalian juga bisa menggunakan laptop untuk mengeceknya. Akan tetapi untuk melakukannya kalian harus memiliki kabel SATA/ HDMI untuk bisa menyambung-kan ke laptop. Lalu coba kalian perhatikan apakah hardisk tersebut terdeteksi atau tidak. Jika hasilnya terdeteksi kalian langsung saja copy data yang ada di hardisk tersebut. Akan tetapi jika tidak terdeteksi kalian bisa mencoba langkah berikutnya.

2. Menggunakan Software
Langkah kedua yang kalian bisa lakukan adalah dengan menggunakan bantuan pihak ketiga. Yaitu dengan menggunakan Software. Ada beberapa software yang bisa kalian coba untuk mengembalikan data di hardisk kalian yang rusak. Salah satu diantaranya adalah Recuva. Alat ini bisa mengembalikan data kalian. Untuk mendapatkan dan menggunakannya kalian bisa cari tutorial-nya di internet. Terkadang walaupun data bisa di selamatkan terkadang ada saja data yang akhirnya tidak bisa di gunakan alias error. Apabila dengan cara yang ini juga tidak berhasil, gunakan cara yang ketiga. Yaitu.

3. Bawa ke tempat Spesialis Recovery Hardisk
Seperti yang kita tahu Hardisk merupakan alat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang menyusun-nya. Untuk bisa mendapatkan kembali data yang kita miliki di dalam hardisk cara yang pertama yaitu dengan memperbaiki hardisk tersebut. Untuk itu, perlu orang yang bisa dan ahli untuk memperbaiki alat elektronik. Apabila Kalian tidak mengerti masalah elektronik sebaiknya di bawa ke tempat atau orang yang bisa memperbaikinya.

Sebelum itu kalian harus mencari informasi terlebih dahulu. Apalah tempat yang akan kalian datangi itu bagus atau tidak. Jangan sampai bukannya benar malah tambah rusak. Itu pun tidak menjamin hardisk bisa di perbaiki. Contohnya hardisk yang kalian pakai umurnya sudah lama yang memang sudah seharusnya di ganti. Karena terkadang sparepart yang terdapat di dalamnya sudah tidak di jual lagi di pasaran. Hasilnya mau tidak mau kalian harus menggantinya dengan yang baru.

Mudah-mudahan cara ini bisa membantu kalian untuk menyelesaikan masalah pada hardisk yang rusak.

0 Response to "Penyebab Dan Cara Meyelamatkan Data Dari Hardisk Yang Rusak"

Posting Komentar