Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas X, XI, Dan XII Terbaru.

Berikut ini saya akan coba bagikan contoh soal pilihan ganda dan essay bidang studi Bahasa Indonesia untuk kelas X, XI, XII. Semoga contoh soal yang saya bagikan ini bisa memberikan gambaran untuk setiap orang yang akan membuat soal.

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia                Nama        :……………………..
Kelas            : X ( sepuluh )                              Hari/Tgl    :   
Guru Bidang Studi    :                                      Waktu        : 60 menit

Teks berikut untuk soal nomor 1 s.d. 2.
Gempah dengan kekuatan 8,1 skala ritcher yang melanda negara matahari terbit pada 23 mei 2014 telah menewaskan lima ratus warga. Menurut informasi setempat, data ini belum sepenuhnya valid. Hal ini karena tim penanggulangan bencana alam setempat kian gencar mencari korban-korban yang mungkin masih tertimpa puing-puing bagunan yang runtuh. Kerugian ini diperkirakan mencapai 50 miliar.
1.Berdasarkan penalaran (letak kalimat utamanya) wacana di atas dikembangkan dengan pola …
A. deskriptif   
B. naratif   
C. induktif
D. Deduktif
E. ilustrasi
2. Berdasarkanjenisnya, teks eksposisi di atas termasuk ke dalam jenis …
A.eksposisi ilustrasi   
B.eksposisi analisis   
C. eksposisi proses
D. eksposisi berita
E. eksposisi perbandingan
3. Hujan adalah jatuhnya air dari atmosfer bumi. Namun, bagaimana caranya air bisa sampai di atas atmosfer bumi? Ternyata hujan adalah akibat dari pemanasan yang dilakukan oleh matahari pada permukaan air di bumi, seperti air laut dan sungai. Pemanasan ini menyebabkan penguapan sehingga partikel-partikel air menjadi gas yang terbang dan berkumpul di atmosfer. Kumpulan partikel-partikel ini kemudian menjadi awan dan akan tertiup oleh angin menuju tempat lainnya. Jika konsentrasi awan tersebut menjadi jenuh, pertikel-partikel gas tersebut mengalami kondensasi sehingga berubah bentuk kembali menjadi air dan jatuh ke bumi. Itulah sebabnya terjadi hujan di muka bumi ini.
Dilihat dari isinya, paragrafdi atas termasuk ke dalam jenis eksposisi …
A. identifikasi   
B. proses   
C. analisis kausal
D. Ilustrasi
E. klasifikasi
Teks berikut untuk soal nomor 4 s.d. 5.
(l) Jahe adalah tumbuhan serbaguna yang memiliki banyak manfaat. (2) Salah satunya adalah bahan penyedap makanan. (3) Jahe bisa menciptakan rasa pedas pada makanan sehingga makanan akan terasa lebih nikmat. (4) Selain menjadi bahan makanan, jahe bisa digunakan sebagai obat-obatan. (5) Tumbuhan ini dipercayai bisa mengobati dan mencegah penyakit seperti masuk angin. (6) Hal ini dikarenakan jahe memiliki suatu senyawa yang berguna bagi tubuh manusia. (7) Di Indonesia tanamanjahe banyak dibudidayakan. (8) Hal ini disebabkan, harga jahe yang relatif tinggi dan banyak masyarakat yang mengkonsumsinya.
4. Dilihat dari isinya, paragraf di atas termasuk ke dalamjenis eksposisi ....
A. definisi   
B. proses   
C. Identifikasi
D. klasifikasi
E. perbandingan
5. Penggunaan kata yang tidak baku terdapat pada kalimat adalah …
A. 1
B. 2
C. 3
D. 7
E. 8


6. Pemenuhan syarat calon wakil rakyat itu mesti gamblang dan dapat menjadi penyaring atau filter dalam menolak bakal wakil rakyat dengan riwayat hidup yang kurang baik. Misalnya, caleg yang terdapat track record kasus korupsi atau pelanggaran HAM, tidak direkrut sebagai calon-calon legislatif. Hal tersebut menjadi krusial dalam meyakinkan calon anggota dewan itu sungguh-sungguh orang baik yang memiliki intregritas, kapabilitas dan kredibilitas. Pastinya saja setiap partai politik mempunyai mekanisme khusus berkaitan tentang fit and prover test. Kriterianya dapat saja tidak mirip untuk seluruh partai politik.  setidaknya, terdapat prinsip umum yang mesti dipakai seluruh partai politik untuk memilih dan merekrut anggotanya.
Kata yang dirumpangkan dalam paragraf di atas seharusnya dilengkapi dengan konjungsi antar kalimat ....
A. kemudian
B. seharusnya
C. meskipun
D. namun
E. jika
Simak teks anekdot berikut untuk soal no. 7 s.d. 12!
Dokter dan Pasien 1
1) Di sebuah rumah sakit seorang pasien sedang konsultasi dengan dokter. 2) Setelah dipersilakan masuk ke ruangan, pasien tersebut langsung mengungkapkan keluhannya. 3) "Dok, setiap saya minum secangkir kopi,  mata kanan saya terasa seperti tertusuk." 4) Dengan santai, dokter menjawab, "Kalau begitu, setiap mau minum secangkir kopi, keluarkan dulu sendoknya dari cangkir." 5) "Pasien pun mengangguk-angguk, "Oh, terima kasih, Dok.''
7. Unsur humor dalam dalam anekdot tersebut adalah …
A. Mata pasien seperti tertusuk karena sendoknya masih ada di cangkir ketika minum.
B. Pasien mengungkapkan keluhannya tentang matanya yang tertusuk.
C. Dokter mengobati pasien tanpa obat
D. Dokter mengobati pasien dengan santai
E. Pasien mengucapkan terima kasih
8. Bagian abstrak dalam teks anekdot di atas    adalah …
A. kalimat I   
B. kalimat 2
C. kalimat 3
D. kalimat 4
E. kalimat 5
9. Bagian orientasi dalam teks anekdot di atas adalah …
A. kalimat 1       
B. kalimat 2   
C. kalimat 3
D. kalimat 4
E. kalimat 5
10. Bagian krisis dalam teks anekdot di atas    adalah …
A. kalimat 1   
B. kalimat 2   
C. kalimat 3
D. kalimat 4
E. kalimat 5
11. Bagian reaksi dalam teks anekdot di atas
adalah …
A. kalimat 1   
B. kalimat 2
C. kalimat 3   
D. kalimat 4
E. kalimat 5
12. Bagian koda dalam teks anekdot di atas     adalah …
A. kalimat I   
B. kalimat 2   
C. kalimat 3
D. kalimat 4
E. kalimat 5
Petikan hikayat di bawah ini untuk soal nomor 13 s.d. 15!
Keesokan hari sidang pengadilan diteruskan lagi. Abu Nawas memanggil algojo dengan pedang di tangan. Abu Nawas memerintahkan agar bayi itu diletakkan di atas meja.
"Apa yang akan kau perbuat terhadap bayi itu?" kata kedua perempuan itu saling memandang. Kemudian Abu Nawas melanjutkan dialog.
"Sebelum saya mengambil tindakan apakah salah satu dari kalian bersedia mengalah dan menyerahkan bayi itu kepada yang memang berhak memilikinya?"
"Tidak, bayi itu adalah anakku." kata kedua psrempuan itu serentak.
"Baiklah, kalau kalian memang sungguh-sungguh sama menginginkan bayi itu dan tidak ada yang mau mengalah maka saya terpaksa membelah bayi itu menjadi dua sama rata.'' kata Abu Nawas mengancam.

Perempuan pertama girang bukan kepalang, sedangkan perempuan kedua menjerit-jerit histeris.
"Jangan, tolong jangan dibelah bayi itu. Biarlah aku rela bayi itu seutuhnya diserahkan kepada perempuan itu." kata perempuan kedua. Abu Nawas tersenyum lega. Sekarang topeng mereka sudah terbuka. Abu Nawas segera mengambil bayi itu dan langsung menyerahkan kepada perempuan kedua.
Abu Nawas minta agar perempuan pertama dihukum sesuai dengan perbuatannya. Karena tak ada ibu yang tega menyaksikan anaknya disembelih. Apalagi di depan mata. Baginda Raja merasa puas terhadap keputusan Abu Nawas. Dan sebagai rasa terima kasih, Baginda menawari Abu Nawas menjadi penasehat hakim kerajaan.
Tetapi Abu Nawas menolak. la lebih senang menjadi rakyat biasa.
13. Nilai moral dalam petikan hikayat di atas   adalah …
A. Kita harus berbagi dengan orang Iain
B. Janganlah kita egois
C. Kita harus bijaksana dalam memutuskan sesuatu
D. Jangan menyakiti hati orang Iain
E. Menghukum orang yang bersalah
14. Karakter yang patut diteladani dari Abu Nawas dalam hikayat tersebut adalah …
A. menyelesaikan persoalan dengan bijaksana
B. kejam   
C. menghargai kecerdasan orang Iain
D. sayang ibu
E. bersikap adil
15. Sudut pandang yang digunakan dalam petikan hikayat tersebut …
A. orang pertama serba tahu   
B. orang pertama terbatas
C. orang ketiga serba tahu
D. orang ketiga terbatas
E. campuran
Kutipan hikayat berikut untuk soal nomor 16 - 18!
Hatta tiada berapa lamanya anak raja berjalan itu, maka ia bertemu dengan seorang-orang tua menari-nari di tengah jalan. Maka kata anak raja itu, "Hai Bapaku! Mengapa engkau menari-nari seorang dirimu ini?"
Maka sahut orang tua itu, "Bahwa pada malam tadi hamba bermimpi ada seorang anak raja datang berjalan lalu di sini, maka diberinya akan hamba emas seketi. Itulah sebabnya maka hamba menari ini dari pada sangat suka hamba akan mimpi itu."
Maka kata anak raja itu, "Hai Bapaku! Janganlah menari lagi! Akulah memberikan engkau emas seketi itu." Maka oleh anak raja itu dikeluarkannya emas yang dikandungnya itu, diberinya akan orang tua itu. Maka kata orang tua itu, "Insya Allah, tuanlah kelak menjadi raja besar."
16. Latar tempat dalam kutipan hikayat tersebut ditunjukkan pada …
A. kalimat pertama paragraf pertama   
B. kalimat kedua paragraf pertama   
C. kalimat pertama paragraf kedua
D. kalimat kedua paragraf kedua
E. kalimat pertama paragraf ketiga
17. Nilai sosial yang terdapat dalam kutipan hikayat di atas adalah …
A. Kita harus memberi bantuan kepada orang Iainjika ingin sukses
B. Kita harus menyembunyikan identitas ataujati diri kita dari orang Iain
C. Kita harus memberi bantuan kepada orang yang telah mendoakan kita
D. Kita harus bermimpi setinggi mungkin jika ingin meraih kesuksesan
E. Kita harus membantu orang yang membutuhkan bantuan dengan ikhlas
18. Penggunaan kata-kata arkais dalam hikayat di atas adalah …
A. hatta, bapa   
B. hatta, seketi   
C. hatta, hamba
D. hamba, seketi
E. Tuan, anak raja
19. Pernyataan yang benar mengenai perbedaan hikayat dan cerpen adalah …
A. Latar hikayat sangat bervariasi, latar cerpen lebih menonjol tentang kerajaan
B. Gaya bahasa hikayat dinamis, cerpen lebih statis
C. Alur hikayat biasanya maju, sedangkan cerpen alur maju, mundur, dan campuran
D. Cerita hikayat berlatar kehidupan istana, cerpen biasanya memiliki latar kehidupan masyarakat pada umumnya
E. Sudut pandang lebih bervariasi dalam hikåyat, sedangkan cerpen biasanya orang ketiga serba tahu

20. Di bawah ini yang bukan termasuk ciri-ciri hikayat adalah …
A. bercerita tentang kehidupan kerajaan
B. bersifat komunal
C. menceritakan kisah universal manusia
D. menggunakan bahasa klise
E. merupakan karya sastra modern
Perhatikan cuplikan ikhtisar buku nonfiksi berikut untuk soal nomor 21 dan 22!
Capung adalah binatang yang menarik, memiliki 4 sayap, kepala besar, antena, toraks yang kuat dan kaki yang sempurna. Mata capung sangat besar disebut mata majemuk, terdiri dari ommatidium. Dengan ini dia bisa melihat ke segala arah dan mendektesi gerakan yang jauhnya lebih dari 10 meter. Dan kakinya sangat kuat jadi digunakan untuk hinggap di suatu tempat, bukan untuk berjalan.
Capung hidup seluruh dunia, paling banyak ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia. Di Indonesia terdapat sekitar 750 jenis capung. Capung juga dapat hidup di pengunungan tinggi dan kawasan kutub utara.
Capung menghabiskan sebagian hidupnya sebagai nimfa (sepasin) yang sangat bergantung pada perairan seperti sungai, sawah, danau, kolam, atau rawa.
Capung mengalami daur hidupnya sebanyak tiga tahap, yaitu telur, nimfa, dan dewasa. Daur ini termasuk metamorfosis tidak lengkap. Nimfa terkenal dengan pemangsa yang ganas di dalam air dan bernafas dengan insang. Pada waktunya selama lima tahun nimfa naik ke atas permukaan, memanjat tumbuhan dan berubah menjadi capung dewasa.
21. Informasi yang benar disampaikan oleh cuplikan ikhtisar buku nonfiksi tersebut adalah …
A. Tahapan daur hidup capung sebanyak dua kali.
B. Kaki capung sangat kuat untuk berjalan.
C. Capung tinggal di sungai, sawah, dan kolam atau rawa.
D. Metamorfosis capung tidak lengkap.
E. Capung dewasa tinggal di dalam air dan bernafas dengan insang.
22. Lingkungan hidup capung diuraikan pada paragraf ...
A. 1
B. 2 dan 3
C. 3
D. 3 dan 4
E. 1 dan 2
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
Teks di bawah ini untuk soa nomor 23 s.d. 27.
Kebersihan Lingkungan Kompleks Perumahan Puri Anggrek
(l) Kebersihan lingkungan merupakan salah satu cara untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih. (2) Kebersihan   dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. (3) Kebersihan lingkungan meliputi beberapa aspek seperti: penataan, keindahan, dan kenyamanan. (4) Tiga aspek ini sangatlah penting bagi kehidupan manusia.
(5) Kondisi kebersihan lingkungan di kompleks Perumahan Puri Anggrek sangat baik. (6) Selokan selalu terpelihara dengan baik dan tidak tersumbat oleh sampah. (7) Tempat pembuangan sampah pun sudah ada di setiap rumah warga. (8) Tempat pembuangan sampah berupa tong besar atau drum. (9) Kondisinya juga sangat terawat sehingga tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. (10) Petugas kebersihan selalu mengambil sampah setiap tiga kali sehari. (l l) Selain itu, setiap satu bulan sekali masyarakat kompleks perumahan selalu melakukan kerja bakti untukgnembersihkan selokan dan rumput-rumput liar yang terdapat di sekitar kompleks tersebut.
(12) Kebersihan lingkungan tidak sulit untuk diterapkan apabila kita selalu membudayakan pola hidup bersih dan sehat. i 3) Budaya hidup yang bersih dan sehat akan mendatangkan banyak manfaat bagi manusia khususnya untuk diri kita sendiri. (14) Kita dapat menjalankan berbagai aktivitas hidup yang sehat dan produktif.
23. Ciri teks laporan hasil observasi di atas yang ditulis secara objektif dan fakta terdapat pada kalimat....
A. 1, 3, dan 5   
B. 6, 7, dan 12   
C. 7, 10, dan 11
D. 12, 13, dan 14
E. 11, 12, dan 14
24. Informasi yang terdapat dalam teks di atas adalah....
A. Kebersihan lingkungan di kompleks Perumahan Puri Anggrek.
B. Petugas kebersihan selalu mengambil sampah tiga kali sehari.
C. Kebersihan lingkungan sebenarnya tidak sulit untuk diterapkan.
D. Kebersihan lingkungan merupakan aspek yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan.
E. Budaya hidup bersih dan sehat mendatangkan banyak manfaat bagi manusia.

25. Struktur definisi umum pada teks laporan hasil observasi di atas terdapat pada paragraf....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 1 dan 2
E. 2 dan 3
26. Struktur deskripsi manfaat pada teks laporan hasil observasi di atas terdapat pada paragraf....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 1 dan 3
E. 2 dan 3
27. Kata kajian yang terdapat pada teks laporan hasil observasi di atas terdapat pada kalimat
A. 1
B. 7
D. 13
E. 14
C. 10
Teks berikut untuk soal nomor 28 s.d. 31.
l) Bumi sedang mengalami permasalahan lingkungan yang serius. 2) Enam masalah lingkungan utama yang di hadapi bumi adalah ledakan jumlah penduduk, penipisan sumber daya alam, perubahan iklim global, kepunahan tumbuhan dan hewan, kerusakan habitat alam, serta peningkatan polusi dan kemiskinan. 3) Dari enam masalah tersebut dapat di bayangkan betapa besar kerusakan alam yang terjadi karena banyaknya jumlah polusi. 4) Selain itu, konsumsi sumber daya alam dan polusi yang meningkat tidak dibarengi kemajuan teknologi yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. 5) Penerapan konsep pembangunan berkelanjutan pada saat ini ternyata jauh dari harapan. 6) Hal ini di perparah lagi dengan prilaku manusia yang bersikap acuh terhadap keselamatan bumi. 7) Padahal tempat tinggal manusia adalah dibumi.
28. Masalah yang terdapat dalam teks di atas adalah
A. Bumi sedang mengalami permasalahan lingkungan yang serius
B. Enam masalah lingkungan yang dihadapi bumi 
C. Konsumsi sumber daya alam dan polusi meningkat
D. Penerapan konsep pembangunan jauh dari harapan
E. Kepunahan tumbuhan dan hewan
29. Penggunan afiksasi di- yang tepat dalam teks di atas terdapat pada kalimat ...
A. 2
B. 3
C. 4
D. 6
E. 7
30. Kalimat yang tidakpadu dalam teks di atas terdapat pada kalimat …
A. 2
B. 3
C. 4
D. 6
E. 7
31. Kalimat utama dalam teks di atas terdapat pada kalimat …
A. 1
B. 2
C. 3
D. 6
E. 7
32. Di bawah ini adalah struktur teks eksposisi yang tepat adalah …
A. pendahuluan — isi — penutup
B. tesis — argumentasi — konklusi
C. tesis — argumentasi — penegasan ulang
D. tesis — aspek yag dilaporkan — penutup
E. pendahuluan — fakta yang disampaikan — kesimpulan
33. Di bawah ini yang termasuk ke dalam kalimat nominal adalah …
A. Ibuku seorang dokter gigi yang bertugas di Bali. B. Jihan memasak ikan di dapur bersama ibu.
C. Janganlah menangis adikku.
D. Arya sangat baik hati kepada setiap orang.
E. Budi sedang bermain bola di taman.
34. Perhatikan kalimat-kalimat berikut:
l) Putri Diana menyusun sebuah teks eksposisi
2)Pahlawan berjuang di medan pertempuran sampai titik darah penghabisan
3)Pak Rudi mendaftarkan anak perempuannya ke MAN 2 Tangerang
4)Meliana menanam pohon Mangga di halaman rumah
5) Abdul memancing di Sungai Cilangsi bersama ayah
6) Andi bernyanyi dengan merdu di panggung itu.
Kalimat yang termasuk kalimat verbal intransitifditandai dengan nomor …
A.    1, 2, dan 3        D. 2, 5, dan 6
B.    1, 2, dan4        E. 1, 4, dan 5
C.    C. 2, 3, dan 5
35. Dibawah ini yang bukan termasuk ke dalam jenis-jenis teks eksposisi adalah …
A. eksposisi ilustrasi
B. eksposisi imajinasi
C. eksposisi berita
D. eksposisi proses
E. eksposisi perbandingan

Baca juga : Contoh Soal Biologi Kelas X Semester 1

II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
l. Tulislah struktur teks laporan hasil observasi!
2. Buatlah contoh paragraf eksposisi
3. Buatlah 2 contoh kalimat verbal transitif!
4. Buatlah sebuah teks anekdot berdasarkan pengalaman pribadi!
Ghirah bukan hanya milik orang Islam yang sering dicap fanatik oleh bangsa Barat karena kebertahanannya dalam menjaga muruah pada diri, keluarga, maupun agamanya. Namun, menjaga muruah atau syaraf(Arab) juga milik setiap jiwa manusia, tidak peduli agamanya apa. Bahkan, setiap daerah atau negara, sebetulnya, mempunyai istilah masing-masing dalam menyebutkan ghirah ini.
Ghirah juga dimiliki seorang cinta damai seperti Mahatma Gandhi —yang terkenal berpahaman luas dan berperikemanusiaan tinggi yang sampai bersedia melakukan apa saja untuk mencegah adiknya Yawaharlal Nehru, Viyaya Lakshmi Pandit, dan anaknya, Motial Gandhi, keluar dari agama Hindu. Buya Hamka menjelaskan bahwa ghirah itu ada dua macam, yakni terhadap perempuan dan agama. Jika adik perempuanmu diganggu orang lain, lalu orang tersebut kamu pukul, itulah salah satu pertanda bahwa dalam dirimu masih ada ghirah. Jika agamamu, nabimu, dan kitabmu dihina, kamu masih berdiam diri saja,  jelaslah ghirah telah hilang dari dirimu. Jika ghirah atau siri dalam bahasa orang Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja- tidak dimiliki lagi oleh bangsa Indonesia, niscaya bangsa ini akan mudah dijajah oleh asing dalam segala sisi. Jika ghirah telah hilang dari hati, gantinya hanya satu, yaitu kain kafan! Sebab kehilangan ghirah sama dengan mati.
5. Buatlah ikhtisar dari cuplikan buku fiksi di atas!

Baca Juga : Contoh Soal Mid Semester Kelas X, XI, Dan XII Terbaru.



Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia                Nama        :……………………..
Kelas            : XI ( sebelas )                             Hari/Tgl    :    ,

Guru Bidang Studi    :                                      Waktu        : 60 menit

Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor  1-2
Kepada semua pihak yang telah menyempatkan hadir dalam acara istimewa ini, kami mengucapkan terima kasih. Terima kasih kami sampaikan pula atas kehadiran para orangtua siswa, guru-guru, kepala sekolah, staf sekolah serta teman-teman semua.
Tidak terasa waktu telah berlalu hingga pada hari ini kita sedang menuju gerbang perpisahan dan akan melangkah dalam perjalanan kehidupan yang baru. Segala hal yang kami peroleh selama ini di sekolah sangatlah berarrti dan akan terus kami kenang.
Kami mengucapkan terima kasih kepada guru-guru yang telah sabar dan telaten membimbing kami dalam menimba ilmu.
1. Kalimat pembuka yang tepat untuk teks tersebut adalah ...
A.Kita patut bersyukur ke hadirat Tuhan Yang  Maha Esa....
B.Saya mewakili seluruh mengucapkan terima kasih
C.Dengan izin Tuhan perkenankan saya
D.Pada kesempatan kali ini saya akan berucap syukur 
E. Terima kasih atas kehadirannya
2. Judul ceramah yang sesuai dengan teks tersebut adalah …
A. Hari Guru Nasional   
B. Hari ulang tahun sekolah   
C. Perpisahan Sekolah
D. Hari Pendidkan Nasional
E. Perpisahan Guru19.   
Bacalah teks ceramah untuk menjawab soal nomor 3-4
Assalamualaikum Wr.Wb.,
Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat dan rahmat-Nya dapat berkumpul di tempat ini.Pada kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan yang sedang hangat diperbincangkan, yaitu penggunaan kendaraan bermotor di kalangan pelajar.
Hal yang sudah tidak mengherankan lagi bahwa banyak pelajar yang belum cukup umur menggunakan kendaraan bermotor ke jalan raya. Jika di antara kalian kalian belum mempunyai SIM, jangan sekali — kali melanggar.Marilah kita sebagai pelajar menaati peraturan berlalu lintas di mana pun kita mengendarai kendaran bemotor.
3. Pernyataan yang sesuai dengan isi ceramah adalah …
A. Boleh naik.motor ke jalan raya walau tidak punya SIM
B. Kita sebagai pelajar harus tahu diri
C. Sebaiknya kitajalan kaki daripad mengendarai motor
D. Bagi pelajar yang belum mempunyai SIM lebih baik jangan mengendarai motor
E. Bagi pelajar jangan melanggar peraturan
4. Kalimat persuasif dalam teks tersebut adalah
A. Mari kitajaga lingkungan kita dari polusi.   
B. Hal yang sudah tidak mengheran lagi.   
C. Kita harus bersyukur ke hadirat Allah SWT
D. Mari kita menaati peraturan berlalu lintas.
E. Siapa saja mari kita mengendarai motor.
5. Bacalah teks ceramah berikut !
Tema : Pendidikan Moral
1. Pentingnya pendidikan moral bagi pelajar
2. Moral yang baik bisa terlihat dari tingkah laku keseharian.
3. Menjaga moral yang baik harus dimiliki setiap orang
4. Perkuat iman dan takwa sebagai pondasi dan benteng menghadapi segala cobaan.
5. Sika  dan tin h laku harus dilandasi iman an kuat.
Urutan kalimat yang tepat untuk paragraf yang padu sesuai tema tersebut adalah
A ( 1 ) ( 3 ) ( 2  ) ( 4 ) ( 5 )
B  ( 1 ) ( 2 ) ( 3 ) ( 4 ) ( 5 )
C  ( 1 ) ( 4 ) ( 2 ) ( 3 ) ( 5 )
D  ( 2 ) ( 3 ) ( 1 ) ( 4 ) ( 5 )
E  ( 1 ) ( 3 ) ( 2 ) ( 5 ) ( 4 )
6. Kalimat tanggapan yang positif sesuai dengan teks tersebut adalah.. ..
A. Penggunaan bahasa pada teks tersebut sudah baik dan benar, karena menggunakan majas.
B. Menurut saya penggunaan bahasa dalam teks di tersebut kurang baik dan tidakjelas.
C. Saya berpendapat penggunaan bahasa dalam kutipan tersebut masih banyak kesalahan.
D. Menurut saya penggunaan bahasa dalam teks tersebut sudah tepat baik struktur maupun pilihan katanya.
E. Menurut saya penggunaan kata sapaari kurang tepat.
Cermati kalimat berikut untuk menawab soal nomor 7- 8
Salah satu cara menikmati keindahan pantai di kawasan Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta adalah dengan menaiki kapal milik nelayan. Hal ini bisa Anda lakukan di pantai Ngrenehan, Desa Kanigoron, Kecamatan Saptosari. Dengan harga yang cukup murah, pengunjung bisa menikmati kawasan pantai pasir putih dan keindahan perbukitan karst dari pinggir Samudra Hindia. Pantai Ngrenehan memang tak seterkenal pantai Baron, Pulangsawal, atau Indrayanti. Namun, kawasan pantai di Kecamatan Saptosari ini tak kalah indahnya.
7. Ide pokok paragraf tersebut adalah
A. menikmati keindahan pantai
B. cara menikmati keindahan pantai
C. keindahan pantai di Kabupaten Gunung Kidul
D. menaiki kapal milik nelayan
E. Cara menikmati pantai di Gunung Kidul
8. Informasi yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah…
A. Salah satu cara menikmati pantai
B. Cara menikmati keindahan pantai di kawasan Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta.
C. Letak pantai Ngrenehan di Gunung Kidul Yogyakarta D. Pantai Ngrenehan tak seterkenal pantai Baron
E. Tiketnya cukup murah pengunjung bisa menikmati keindahan pantai.

9. Cermati kutipan berikut ini !
Alam semesta berjalan dengan teratur seperti jalannya sebuah mesin. Matahari bumi, bulan, dan bintang yang jumlahnya berjuta-juta berjalan seperti teraturnya putaran roda mesin yang rumit. Semua bergerak menurut irama tertentu. Mesin rumit itu ada penciptanya, yaitu manusia yang pandai, teliti, dan senang memecahkan masalah
Simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
A. Semuanya adalah usaha manusia dengan segala teknologi canggih yang tidak dapat menyaingi penciptanya.
B. Alam yang luas dan beredar dengan rapi sepanjangg masa itu yang menciptakannya, yaitu Yang Mahapandai dan Mahateliti.
C. Semua yang terjadi di bumi ini adalah ciptaan Tuhan.
D.Manusia dapat membuat apa saja untuk kepentingannya, tetapi tiddak melebihi Tuhan sebagai penciptanya.
E. Tuhan menciptakan semuanya dan manusia menjaganya. Oleh sebab itu, lestarikan alam ini.

10. Bacalah kuti an resensi berikut !
Buku berjudul Laskar Pelangi karangan Andrea Hirata setebal 524 halaman ini telah menjadi best seller . Temanya mengangkat perjuangan beberapa tokoh dari bawah hingga mencapai puncak kesuksesan. Pengarang pandai mempermainkan kata-kata, sehingga para pembaca tidak kesulitan memahami uraian an disa•ikan. Buku ini telah diangat ke layar lebar sejak bulan September 2008.
Kalimat resensi yang membuktikan keunggulan buku tersebut adalah....
A. Buku Laskar Pelangi dikarang oleh Andrea Hirata. B. Buku setebal 524 halaman ini telah menjadi best seller.
C. Temanya mengangkat perjuangan beberapa tokoh.
D. Pengarang pandai bermain kata-kata yang meninabobokan pembaca.
E. Buku ini telah diangkat ke layar lebar sejak September 2008.

11. Cermati kutian berikut !
(l) Salah satu film yang disutrradarai Hanung Bramantyo adalah Soekarno. (2) Kekuatan utama dalam film tersebut adalah sejarah yan terperinci dan tidak banyak orang tahu. (3) Film tersebut berbeda dengan film Indonesia lainnya. (4) Film Soekarno dibuat sesuai hasil riset cukup mendalam tentang peristiwa yang  dialami Soekarno. (5) Akan tetapi, latar tempatnya yang kurang mewakili.
Kalimat resensi yang menyatakan kelemahan dalam cerpen tersebut adalah…
A ( 1 )
B ( 2 )
C ( 3 )
D ( 4 )
E ( 5 )
Cermati kutipan ceren berikut untuk menjawab soal nomor 12 dan 13!
(1) Seorang kerabat dekat waktu berjumpa di Jakarta, berbisik padaku, " Tunggul sudah tiada, pada usia yang ke-67".
(2) " Oh, Tuhan," kataku kepada diriku sendiri. (3) Kami Iahir dalam tahun yang sama. (4) Sebelum segala sesuatu rencana terwujud, usia telah ditelan waktu !   5 Giliranku ? bisikku ada diriku.
12. Kalimat bermajas personifikasi dalam kutipan cerpen tersebut terdapat pada kalimat nomor …
A. ( 1 )
B. ( 2 )
C. ( 3 )
D. ( 4 )
E. ( 5 )
13. Nilai religius yang terdapat pada kutipan tersebut adalah …
A. Kerabat yang baik memberikan kabar kematian.
B. Kematian sudah pasti terjadi.
C. Pentingnya saling berkabar kepada saudara yang jauh.
D. Kematian mengingatkan kita kepada takdir Tuhan.
E. Tiba-tiba merasakan usia telah beranjak.
14. Cermati kuti anc en berikut !
" Mak hendak pulang, Mal. Sudah seminggu, nanti pisang Emak ditebang orang, karet pun sayang tak disadap," Iontar Mak Inang di pagi yang tak bisa ia tahan lagi. la benar-benar tak ingin berlama lama di ibu kota yang sungguh aneh baginya. Sesungguhnya, Mak Inang pun aneh dengan orang-orang yang saban hari, minggu, bulan, dan saban tahun datang mengadu nasib ke kota ini. Apa an  mereka cari ? Mak Inan tak bisa men habiskan ikiran itu ada sebuah •awaban.
Keterkaitan isi kutipan tersebut dengan kehidupan sekarang adalah.. 
A. Seorang anak mengajak ibunya mengunjungi rumahnya di perantauan.
B. Seorang ibu yang senang diajak mengunjungi rumah anaknya di Jakarta.
C. Banyak orang berbondong —bondong mengadu nasib di Jakarta.
D. Seorang ibu yang tidak betah tinggal di rumah anaknya.
E. Orang desa yang lebih suka tinggal di desa daripada di Jakarta.
15. Cermati pragaraf berikut !
Selama ini, dia dikenal anak pendiam. Namun sebenamya kemampuannya sangat tinggi. Suatu ketika, teman-temann a ka et karena si anak endiam itu tiba — tiba . . . akan kemampuannya.
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
A. unjuk kerja   
B. unjuk gigi   
C. angkat suara
D. angkat topi
E. unjuk rasa
16. Cermati ara afberikut !
Anakku bisa dikatakan mengikuti garisku. Tidak berarti memamerkan, tetapi harus aku akui kalau kepandaianku menurun pada anak-anakku. Tentu saja, aku senang. Anakku tidak perlu repot-repot harus les ini dan itu. Banyak  nya kepandaian yang dimilikinya.Peribahasa yang tepat sesuai dengan paragraf tersebut adalah
A.Buah jatuh takjauh dari pohonnya.   
B.Bagai air di daun talas
C.Bagai pinang dibelah dua
D. Ada sama dimakan, tak ada sama ditahan
E. Ada gula ada semut
Cermati kuti an ce en berikut untuk men •awab soal nomor 17 dan 18
Orang yang mau menyuap itu tersenyum.
"Bapak mengatakan itu sebab kami tidak menjanjikan apa-apa ?" " Sama sekali tidak !"
Lalu dia mengulurkan sebuah cek kosong yang sudah ditandatangani. Saya langsung merasa tertantang dan terhina. Tetapi,entah kenapa saya diam saja. Kilatan cek itu membuat darah saya beku.
"Kalau wakil saya menang, bapak boleh menuliskan angka berapa pun di atas cek kontan ini dan langsung

menguangkannya kapan saja di bank yang terpercaya ini." Saya bergetar. Itu sebuah tawaran yang membuat saya syok.
"Kalau ragu-ragu,silakan menelpon ke bank yang bersangkutan, tanyakan apakah ada dana di belakang rekening ini kalau Anda masih was-was. Kami mengerti kalau Anda tidak percaya kepada kami. Zaman sekarang memang banyak penipuan bank."
("Suap "karyaa Putu Wijaya)
17. Pendeskripsian watak tokoh tamu yang ramah dideskripsikan melalui …
A. penjelasan langsung   
B. perbuatan tokoh   
C. pikiran tokoh
D. pandangan tokoh lain
E. lingkungan sekitar tokoh
18. Pembuktian latar suasana yang tidak menyenangkan dalam kutipan cerpen tersebut adalah …
A. Tokoh tamu memaksa untuk menyuap.
B. Tokoh tamu mengeluarkan selembar cek kosong. C. Tokoh aku di suap dengan cek kosong.
D. Tokoh aku tidak mau memenangkan peserta.
E. Tokoh aku merasa tertantang dan terhina.
Bacalah en alan cerpen berikut !
Tatkala aku masuk sekolah Mulo, demikian fasih lidahku dalam bahasa Belanda sehingga orang yang hanya mendengarkanku berbicara dan tidak melihat aku, mengira aku anak Belanda. Aku pun bertambah lama bertambah percaya pula bahwa aku anak Belanda. Sungguh hari-hari ini makin ditebalkan pula oleh tingkah laku orang tuaku yang berupaya sepenuh daya menyesuaikan diri dengan Ianggam lenggok orang Belanda.
19. Sudut Pandang pengarang yang digunakan dalam penggalan tersebut adalah …
A. orang pertama pelaku utama   
B. orang ketiga pelaku sampingan
C. orang ketiga pelaku utama
D. orang pertama dan ketiga
E. orang ketiga serba tahu
Bacalah penggalan novel berikut !
Andri tergolong orang yang sukses. Pada usia yang masih relatif muda, kekayaannya bisa dikatakan melimpah. Melihat kesuksesannya ini, banyak orang yang iri dan ingin meniru jejaknya. Satu hal yang patut disayangkan, Andri banyak menghamburkan uang untuk sesuatu yang sebetulnya tidak perlu. Orang tua Andri menjadi tampak angkuh. Dengan tetangga sepertinya kedua orang tuanya menjaga jarak.
20. Amanat yang dapat diambil dari cerita tersebut a adalah …
A.Iri hati dengan keberhasilan orang   
B. Tetaplah rendah hati di saat keberhasilan diraih C. Orang tua yang tinggi hati harus dijahui
D. Andri anak yang pelit
E. Orang tua sombong yang jagajarak
21. Bacalah en alan cerita berikut !
Dia senyum kepada saya dan sayajuga senyum kepadanya. Ada sedikit basa-basi di antara kami. Saya tidak mau menakuti-nakuti dia dengan menceritakan pengalaman yang pernah saya lihat beberapa waktu yang lalu. Tetapi, apa yang pernah saya alami beberapa waktu yang lalu itu terjadi persis sama pula pada saat sekarang ini. Dua orang lelaki datang dari gang menodongkan pisau kepadaku, satu lagi diarahkan ke wanita muda itu.
Tidak usah ditodong begitu. Ambil kalung ini. Aku hanya mengenakan kalung imitasi . Wanita muda itu dengan ketenangan yang luar biasa melepas senyum sambil menyerahkan kalung dari tangannya.....
Tahapan alur penggalan cerita di atas merupakan bagian
A. klimaks   
B. eksposisi   
C. resolusi
D. komplikai
E. antiklimaks
22. Cermati kalimat berikut !
( 1 ) Campur semua bahan kering. Sisihkan.Kocok lepas telur.
( 2 ) Campurkan air ke dalam bahan kering, lalu masukkan telur, susu dan minyak goreng. Aduk rata menggunakan mikser.
( 3 ) Panaskan cetakan, lalu tuang adonan ke cetakan .
( 4 ) Saring adonan agar tercampur rata dan tidak menggumpal.
5 Setelahmatan an at dan sa•ikan
Urutan teks prosedur yang tepat adalah.. ..
A. (2), (1), (3), (4), dan (5)   
B. (1), (2), (3), (4), dan (5)   
C. (1), (2), (4), (3), dan (5)
D. (1), (3), (4), (2), dan (5)
E. (1), (2), (3), (5), dan (4)
23. Perhatikan Ian kah-lan kah ke •atan berikut !
Berikut adalah cara membuat stik ubi. Pertama-tama, bersihkan setiap ubi dari kulitnya. Kedua cucilah sampai bersih ubi yang telah dikupas Ketiga, potong - tong Iah ubi seukuran jari telunjuk Kalimat pertama pada kutipan teks di atas termasuk jenis kalimat …
A. deklaratif   
B. imperatif   
C. koordinatif
D. interogatif
E. subordinatif
24. Cermati teks rosedur cara membuat donat mi berikut !
1. Masak mi goreng seperti yang tertera di kemasan.
2.Beri h bagian telur, aduk rata .
3.Tuang di cetakan yang bawahnya sudah dialasi Ioyang, ratakan.
4. (…..)
5.Balur donat dengan tepung bumbu, celup ke kocokan telur, balur kembali dengan tepung roti.
6.Goren den an min ak hin a berwarna kunin keemasan. Setelah itu sa•ikan.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks yang rumpang tersebut adalah …
A.Siapkan pengukus setelah mi tercetak.   
B. Ratakan telur agar terbalu semua.   
C. Diamkan sebentar baru dilakukan pengukusan.
D. Kukus sebentar, lalu dinginkan.
E. Siapkan ½ bagian telur untuk membalur mi.
Bacalah teks rosedur berikut untuk menjawab soal nomor 25 - 26
( 1.) Pasang tiang penyangga atau ajir hingga menyentuh dasar pot. (2) Masukan media tanam ke dalam pot. Isilah pot tersebut setengah bagian saja.
( 3) Letakkan bibit tanaman anggrek di atas media tanam dan akar, atur supaya menyebar rata, kemudian ikat batang tanaman pada tiang penyangga. (4) Kemudian, tambahkan media tanam untuk menutupi akar secukupnya, jangan sampai batang tanaman anggrek tertimbun media tanam. Sirami tanaman anggrek dengan air secukupnya agar tidak layu. ( 5 ) Tanaman tersebut akan subur.
25. Judul yang tepat untuk teks di atas adalah....   
A. Pasang Tiang Penyangga   
B. Menanam Menggunakan Media.   
C. Bibit Tanaman Anggrek
D. Cara Menanam Anggrek
E. Tanaman Anggrek yang Indah
26. Pada kalimat di atas yang bukan termasuk unsur bahasa imperatifterdapat pada kalimat nomor…
A. ( 1 )
B. ( 2 )
C. ( 3 )
D. ( 4 )
E. ( 5 )
27. Pasang tiang penyangga atau ajir hingga menyentuh dasar pot. Kata menyentuh pada kalimat tesebut termasuk unsur bahasa
A. konjungsi   
B. verba material   
C. Retoris   
D. perrsuasif   
E. imperatif
28. Jika sudah melihat tombol berwarna merah menyala setrika sudah dapat di gunakan.
Dalam kaidah kebahasaan kata yang dicetak miring dalam teks prosedur tersebut termasuk verba
A. material   
B. imperatif   
C. tingkah laku
D. saran
E. interogatif
29. Bacalah kalimat berikut !
Bungkus tanah tersebut dengan menggunakan plastik atau dengan menggunakan serabut kelapa dan ikat pada kedua ujungnya agar tanah tidak te jatuh.
Kata yang dicetak miring pada kalimat di atas adalah …
A. konjungsi   
B. kata kerja   
C. imperatif
D. retoris
E. persuasif
Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 30-31
Tsunami adalah istilah yang berasal dari bahasa Jepang, terdiri dari dua kata "tsu"dan "nami", yang masing-masing berarti "pelabuhan " dan "gelombang ".Sedang ilmuwan mengartikan sebagai " gelombang pasang " ( tidal wave ) atau gelombang laut akibat gempa (seismic sea wave ). Tsunami adalah gelombang laut besar yang datang dengan cepat dan tiba-tiba menerjang kawasan pantai.
Gelombang tersebut terbentuk akibat dari aktivitas gempa atau gunung berapi yang meletus di bawah laut. Besarnya gelombang tsunami menyebabkan banjir dan kerusakan ketika menghantam daratan pantai.
Pembentukan tsunami terjadi saat dasar laut permukaan naik turun di sepanjang patahan selama gempa
berlangsung. Patahan tersebut mengakibatkan terganggunya keseimbangan air laut.
Patahan yang besar akan menghasilkan tenaga gelombang yang besar. Beberapa saat setelah terjadi gempa,  air laut surut. Setelah surut, air laut kembali ke arah daratan dalam bentuk gelombang besar.
30. Bagian penjelas proses terjadinya tsunami pada teks tersebut terdapat pada kalimat
A.Tsunami terjadi karena gelombang pasang dan surut.
B.Tsunami terjadi karena gelombang laut besar datanng cepa dan menerjang kawasan pantai
C. Gelombang laut naik turun menimbulkan patahan.
D. Patahan yang besar mengakibatkan kurangnya keseimbangan air.
E. Banyaknya manusia yang kurang beribadah terjadilah tsunami
31. Penyebab tsunami pada teks tersebut adalah..
A. Saat dasar laut permukaan naik turun selama gempa berlangsung.
B. Gelombang tsunami pasang atau gelombang laut C. Gelombang laut besar yang datang dengan cepat.
D. Ketika dasar laut mengalami kerusakan.
E. Air laut kembali ke arah daratan dalam bentuk gelombang
32. Pada teks tersebut yang termasuk hubungan kausalitas terdapat pada paragraf …
A. ( 1 )
B. ( 2 )
C. ( 3 )
D. ( 4 )
E. ( 5 )
33. Bacalah teks berikut !
Meteor merupaka benda langit yang masuk ke dalam wilayah atmosfir bumi yang mengakibatkan terjadinya gesekan permukaan meteor dengan udara dalam kecepatan tinggi. Akibat adanya gesekan yang cepat tersebut, terjadi pijaran api dan cahaya an sering kita menyebutnya sebagai bintanh jatuh.Kutipan di atas merupakan bagian dari struktur teks eksplanasi, yaitu.. . .
A. klasifikasi   
B. deskripsi   
C. definisi
D. pernyataan umum
E. konklusi
34. Cermati baik-baik paragraf berikut !
Petir atau disebut kilat atau juga bisa disebut halilintar. Fenomena alam yang umumnya terjadi pada saat musim penghujan, yang diawali dengan kilatan cahaya. Sesaat kemudian, akan terdengar suara guntur yang sangat bergemuruh. Mengapa terlihat cahaya dulu baru kemudian terdengar suara ? Ini terjadi karena adanya perbedaan waktu kemunculan yang diakibatkan adanya selisih antara kecepatan suara dengan kecepatan cahaya
Istilah guntur pada paragraf tersebut bermakna …
A. loncatan muatan listrikdari awan ke bumi
B. cahaya yang berkelebat dengan cepat di langit
C. loncatan suara di udara yang terdengar sangat merdu
D. suara menggelegar di udara yang disebabkan oleh halilintar
E. kilat yang tampak seperti cahaya terang sekilas dar langit atau dari awan
Kepada semua pihak yang telah menyempatkan hadir dalam acara istimewa ini, kami mengucapkan terima kasih. Terima kasih kami sampaikan pula atas kehadiran para orangtua siswa, guru-guru, kepala sekolah, staf sekolah serta teman-teman semua.
Tidak terasa waktu telah berlalu hingga pada hari ini kita sedang menuju gerbang perpisahan dan akan melangkah dalam perjalanan kehidupan yang baru. Segala hal yang kami peroleh selama ini di sekolah sangatlah berarrti dan akan terus kami kenang.
Kami mengucapkan terima kasih kepada guru-guru yang telah sabar dan telaten membimbing kami dalam menimba ilmu.
35. Kalimat pembuka yang tepat untuk teks tersebut adalah
A. Kita patut bersyukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa....
B. Saya mewakili seluruh mengucapkan terima kasih
C. Dengan izin Tuhan perkenankan saya
D. Pada kesempatan kali ini saya akan berucap syukur
E. Terima kasih atas kehadirannya



II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1. Susunlah sebuah teks prosedur langkah — langkah menghidupkan komputer !
 Bacalah tek eks lanasi berikut !
Banjir bandang adalah banjir besar yang datang dengan tiba-tiba dan mengalir deras menghanyutkan benda-benda besar. Banjir bandang terjadi sebab adanya penggabungan pasang laut yang diakibatkan angin badai.Banjir bandang terjadi karena curah hujan konvektif ( badai petir besar ) atau pelepasan mendadak endapan hulu yang terbentuk di belang bendungan, tanah longsor, atau gletser.
Akibat yang ditimbulkan dari banjir bandang dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu dampak primer, dampak sekunder, dan dampak tersier (jangka panjang
            2. Tentukan konjungsi antar kalimat yang terdapat pada teks di atas !
            3. Tuliskan dan jelaskan teknik —teknik orasi ceramah !
Bacalah kutipan cerpen berikut !
Seorang pengacara muda yang cemerlang mengunjungi ayahnya, seorang pengacara senior yang sangat dihormati oleh para penegak hukum.
"Tapi aku datang tidak sebagai putramu, '6 kata pengacara muda itu.
” Apa yang kamu inginkan, anak muda ?” Pengacara muda itü terrsenyum ” Baiklah, kalau begitu, Anda mengerti maksudku. ” Tentü saja, aku pemah muda seperti kamu. Dan aku berani, kalau perlu kurang ajar. la menatap putranya dari kursi rodanya. ” Aku datang ke mari sebagai pengacara muda yang ingin menegakkan keadilan di negeri yang sedang kacau.
                                                                                                                                                Peradilan rakyat, putu wijaya
            4. Analisislah unsur-unsur instrinsik pada kutipan cerpen tersebut !
5. Bacalah kutipan resensi novel berikut !
Novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari merupakan novel yang dikemas secara menarik. Tema yang diangkat merupakan tema umum, yakni tentang persahabatan dan cinta. Novel ini ditulis dengan gaya bahasa sehari-hari yang sederhana sehingga mudah untuk dipahami, tetapi tetap tidak kehilangan sisi estetiknya. Selain itu, novel ini sarat akan berbagai nilai-nilai kehidupan, perjuangan meraih citacita, dan ideologi. Namun, cukup disayangkan karena penggambaran latar tempat dalam novel ini acap kali berubah-ubah sehingga memungkinkan pembaca mengalami kebingungan dalam mengikuti alurnya.
Tuliskan keunggulan dan kelemahan kutipan buku fiksi di atas !
Baca Juga : Contoh Makalah Pembangunan Ekonomi


Mata Pelajaran    : Bahsa Indonesia                Nama        :……………………..
Kelas            :XII ( dua belas )                        Hari/Tgl    :   
Guru Bidang sStudi    :                                   Waktu        : 60 menit

1. Perhatikan urutan peristiwa kronologi di bawah ini !
Tahun 1814            : Raffles menemukan boro budur
Tahun 1975-1982   : dipugar oleh indonesia dan UNESCO
Tahun 800M.          : Boro budur didirikan wangsa syailendra.
Urutan yang benar penulisan teks cerita sejarah yang tepat berdasarkan data diatas ialah ….
A. Candi borobudur didirikan oleh Wangsa Syailendra tahun 800 M. Keberadaannya dan mulai dipugar tahu 1975 -1982 oleh pemerintah indonesia dibantu UNESCO
B. Candi borobudur didirikan oleh Wangsa Syailendra.  Keberadaan nya ditemukan oleh Raffles dan mulai dipugar tahun 1975-1982 oleh pemerintah indonesia dibantu UNESCO.
C. Candi boro budur didirikan oleh Wangsa Syalinedra tahun keberadan nya ditemukan oleh Raffles tahun 800 M. Keberadaan nya ditemukan oleh Raffles pada tahun 1814.
D. Candi borobudur didirikan oleh Wangsa Syailendra tahun keberadaannya ditemukan oleh Raffles pada tahun 1614 dan dipugar oleh pemerintah indonesia dibantu UNESCO.
E. Candi borobudur didirikan oleh Wangsa Syailendra tahun 800 M. Keberadaannya ditemukan oleh Raffles pada tahun 1814. Mulai dipugar tahun 1975-1982 oleh pemerintah indonesia dibantu UNESCO

Kutipan teks editorial berikut untuk menjawab soal nomor 2 sampai 6.
Computer Based Test atau yang sering disebut dengan istilah CBT ini memang sudah seharusnya dilakukan padan sistem UN di indoesia. Pada dasarnya, sistem ini tidak hanya untuk pengembangan teknologi saja, namun sistem ini juga lebih efisien dan leih hemat dibanding dengan Paper Baset Test yang harus mencetak soal ke dalam kertas. Padahal, peserta Ujian Nasional sangatlah banyak, dapat mencapai jutaan peserta. Tidak hanya itu, biaya pengiriman naskah soal pun tidak sedikit.
Pemanfaatan teknologi seperti itu sebenrnya sangatlah meringankan. Manfaaat yang diberikan nya pun sangat sedikit.  Manfaat tersebut tidak didapat oleh pemerintah saja. Untuk siswa, mereka akan lebih terbantu, karena mereka sudha tidak fokus menghitamkan jawaban. Selama ini, faktor menjawab pada LJK sangatlah mempengaruhi terhadap nilai mereka. Mereka hanya tinggal mengklik jawabannya. Jadi waktunya tidak terbuang sia-sia.
Kendala dari program tersebut adalah beberapa masyarakat belum bisa menyetujui hal tersebut. Mereka mengaggap CBT. Mereka tidak setuju, masih belum bisa untuk diajak berjalan menuju perubahan yang lebih baik. Kecenderungan seperti itu dapat memengaruhi daya pengembangan, kreasi dan kreativitas. Padahal, untuk menjadi suatu negara yang maju, berubah itu perlu, berubah untuk yang lebih baik …
2. Isi teks editorial diatas membicarakan tentang ….
A. Teknologi komputer
B. Masyarakat yang belum mengenal komputer                               
C. ujian berbasis komputer
D. Pro kontra masyrakat terhad Teknologi komputer
E.Pengenalan komputer terhadap masyrakat
3.Kalimat tujuan yang sesuai dengan isi teks editorial di atas adalah …
A. Untuk mengenalkan komputer pada masyarakat.
B. Untuk meringankan pemerintah dan siswa dengan memanfaatkan teknologi.
C. Akan membenakan siswa, terutama yang belum lancar komputer
D. Memengaruhi pada nilai yang diperoleh siswa.
E. Pro kontra masyarakat terhadap teknologi komputer.
4. Kalimat tanggapan yang sesuai dengan isi teks editorial diatas adalah …
A. Kendala dari program tersebut adalah beberapa masyarakat yang belum ,menyetujui hal itu.
B. Peserta Ujian Nasional sangatlah banyak, dapat mencapai jutaan peserta.
C. Pemanfaatan teknologi seperti itu sebenarnya sangatlah meringankan. Selain itu mereka akan termotivasi untuk lebih dalam teknologi seperti komputer.
D. Mereka hanya tinggal mengklik jawaban nya. Jadi waktunya tidak terbuang sia-sia.
E. Beberapa masyarakat belum bisa menyetujui Ujian Nasional Berbasis Komputer.
5. Pernyataan tidak sesuai dengan isi teks editorial diatas adalah …
A. Kendala dari program tersebut adalah beberapa masyarakt yang belum bisa menyetujiui CBT.
B. Peserta Ujian Nasional sangatlah banyak, dapat mencapai jutaan peserta
C. Sistem CBT lebih tidak efisien dan lebih tidak hemat dibandingkan Paper Based
D. Mereka tidak setuju, masih itdak bisa diajak berjalan menuju suatu perubahan yang lebih baik.
E. Manfaat CBT tidak hanya didapat oleh perintah saja, juga untuk siswa.
6. Pernyataan berupa fakta yang sesuai dengan isi teks editorial di atas adalah …
A. Pemanfaatan teknologi deperti itu sebenarnya sangatlah meringankan.
B. Untuk siswa, mereka akan lebih terbantu, karena mereka sudah tidak fokus menghitamkan jawaban.
C. Mereka menganggap bahwa CBT tersebut akan membenakan isiswa, terutama pada siswa yang belum lancar komputer.
D. Karena pada dasarnya sekarang banyak sekali test est yang menggunakan CBT.
E. Manfaat CBT tidak hanya didapat oleh pemerintah saja, juga untuk siswa.
Kutipan teks Editorial berikut untuk menjawab soal nomor 7 sampai 9.
Dahsyatnya Gempa Lombok
Banyaknya korban akibat gempa bumi bertubi di Lombok dąn Palu. Hal ini seakan menyibak fakta bahwa dampak bencana bisa begitu mengerikan jika tidak ada strategi reduksi memadai. Dengan melihat frekuensi dan kerusakan taraf kritis, seharusnya sudah merasuk di kalangan para pemangku kepentingan. Kabar bencana yang silih berganti seharusnya menjadi momentum pembenahan pengelolaan risiko bencana. Alih-alih mengelola bencana secara holistik, pemerintah nampaknya masih terpaku pada evakuasi dan rehabilitasi.
Rentetan bencana tidakpelak akan menjadi ancaman paling mematikan bagi kita yang tinggal di kawasan sabuk gempa. Potensi bencana katastrofis akan semakin sering terjadi, intensif dan masif Jadi reduksi potensi bencana seharusnya telah menjadi prioritas bersama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Deteksi dini ądalah sebuah keniscayaan. Budaya keselamatan dąn ketahanan gempa perlu didukung oleh sistem pendidikan dąn inovasi.
(tribunnews.com. 5 A stus 2018
7. Pernyataan yang berupa saran yang sesuai
dengan isi teks editorial di atas adalah .
A.Hal ini seakan menyibak fakta bahwa
    dampak bencana bisa begitu mengerikan.
B.Reduksi potensi bencana seharusnya telah
    menjadi prioritas bersama antara       
    pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
C.Rentetan bencana tidak pelak akan
     menjadi ancaman paling mematikan.
D.Bagi kita yang tinggal di kawasan sabuk
    gempa, potensi bencana katastrofis akan
    semakin sering terjadi, intensifdan massif
E.Banyaknya korban akibat gempa bumi 
    bertubi di Lombok dan Palu.
8. Kalimat simpulan yang tepat dari teks  
editorial di atas adalah …
A. Banyaknya korban akibat gempa bumi bertubi di Lombok dan Palu.
B. pemerintah nampaknya masih terpaku 
 pada evakuasi dan rehabilitasi.
C. Potensi bencana katastrofis akan semakin sering terjadi, intensifdan massif.
D. Jadi reduksi potensi bencana seharusnya  
telah menjadi prioritas bersama antara pemerintah pusat  pemerintah daerah.
E. Rentetan bencana tidakpelak akan menjadi ancaman paling mematikan.
9. Keberpihakan penulis dalam teks editorial di atas ditujukan pada...
A. masyarakat   
B. penduduk Lombok
C. penduduk Palu   
D. pemerintah
E. korban gempa
10.  Perhatikan bagian-bagian berikut!
(1)argumentasi
(2)reorientasi
(3)pernyataan pendapat
(4)orientasi
(5)ern ataan ulan enda at
A.  (1), (2), dan (3)
B.  (1), (3), dan (4)
C.  (1), (3), dan (5)
D.  (2), dan (5)

11.  Perhatikan kutipan teks editorial berikut !
Kemacetan yang terjadi di jalan raya akibat banyaknya jumlah kendaraan yang melintas tak hanya berdampak sepele. Ancaman di jalan raya bukanlah mitos bahwa risiko keselamatan mengendarai kendaraan pribadi untuk bepergian hanyalah 50% saja. Berhati-hati kadangkala bukanlah jaminan, pasalnya di jalan raya para pengendara berhadapan dengan pengendara lainnya yang kadangkala ceroboh dalam berkendara.
A.    Pernyataan pendapat ulang pendapat
B.    Argumentasi   
C.    Orientasi
D.    Pernyataan
E.    Orientasi

Bacalah kutipan teks Editorial berikut untuk menjawab soal nomor 12 sampai 14.
Penanganan bencana mensyaratkan kinerja yang detail dan terperinci perihal identifikasi kebutuhan hingga distribusi bantuan.(l ) Koordinasi di semua level menjadi krusial dalam penanganan pasca bencana.(2) Faktanya, perencanaan dan respons pengelolaan bencana adatnya melibatkan beragam lembaga yang mengakibatkan koordinasi menjadi tidak mudah.(3) Reduksi bencana pun merangkum begitu banyak hal. (4) Mulai dari sisi manusianya hingga dimensi lingkungannya.(5)
Membangun kota yang resilien pasca bencana tidak semata menata bata demi bata.(l) Namun ada sisi kultural yang perlu dipertimbangkan.(2) Kebijakan yang visioner meliputi pembangunan sosial dan pembangunan lingkungan yang berkualitas perlu menjadi titik pijak.(3) Maka , peran serta masyarakat lokal sangatlah penting sebagai modal sosial yang akan dibangun.(4) Kota tidak semata tempat tinggal, bekerja, serta bermain, namun juga membangun sisi kamanusiaan, peradaban, dan keyakinan keagamaan (5) ribunnews.com. 5 A stus 2018
12.  Kata istilah yang dicetak miring pada  kutipan  teks di atas memiliki makna ...
A. berhubungan dengan budaya   
B. berhubungan dengan kebijakan
C. berhubungan dengan pemerintah
D. berkaitan dengan masyarakat
E. berkaitan dengan sosial
13. Konjungsi yang digunakan pada kalimat nomor dua adalah …
A. namun   
E. maka
C. juga
D.  serta
E. dan
14.  Kalimat persuasif dalam kutipan teks diatas Yaitu kalimat nomro …
A. ( 1 )
B. ( 2 )
C. ( 3 )
D. ( 4 )
E. ( 5 )
15. Perhatikan kutipan teks berikut dengan saksama!
Rekonstruksi kadang-kadang melupakan peluang terjadi kembali bencana serupa.(l)Visi kota masa depan seharusnya memasukkan pertimbangan baru dalam perencanaan. (2) Tidak semata berdasar struktur organisasi.(3) perubahan radikal dalam kebijakan publik terkait kebencanaan menjadi sangat diperlukan.(4) Kalimat yang menggunakan adverbia frekuentatif dalam kutipan teks di atas adalah kalimat nomor ...
A. ( 1 )
B. ( 2 )
C. ( 3 )
D. ( 2 ) dan ( 3 )
E. ( 1 ) dan ( 2 )
16. Perhatikan kutipan teks editorial berikut dengan saksama !
Penanganan bencana mensyaratkan kinerja yang detail dan terperinci perihal identifikasi kebutuhan hingga distribusi bantuan.(l ) Koordinasi di semua level menjadi krusial dalam penanganan pasca bencana.(2) Faktanya, perencanaan dan respons pengelolaan bencana adatnya melibatkan beragam lembaga yang mengakibatkan koordinasi menjadi tidak mudah.(3) Reduksi bencana pun merangkum begitu banyak hal. (4) Mulai dari sisi manusianya hingga dimensi lingkungannya.(5) Bacalah küti an novel berikut den an saksama untuk men'awab soal nomor 33 sam ai 35!
Kemudian Pak Balam membuka matanya dan memandang mencari muka Wak Katok. Ketika pandangan mereka bertaut, Pak Balam berkata kepada Wak Katok, "Akuilah dosa-dosamu, Wak Katok, dan sujudlah ke hadirat Tuhan. Mintalah ampun kepada Tuhan Yang Maha Penyayang dan Maha Pengampun, akuilah dosa-dosamu, juga supaya kalian dapat selamat keluar dari rimba ini, terjatuh dari bahaya yang dibawa harimau biarlah aku yang jadi korban ...
( Harimau! Harimau!, Muchtar Lubis)
Kalimat yang menggunakan verbal relasional   dalam kutipan teks diatas yaitu kalimat nomor…
A. ( 1 )
B. ( 2 )
C. ( 3 )
D. ( 4 )
E. ( 5 )
Bacalah kutipan novel berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 17 !
LAYAR TERKEMBANG
Sejalan dengan keadaan hubungan Yusuf dan Tuti yang belakangan ini tampak makin akrab, kondisi kesehatan Maria sendiri jııstru kian mengkhawatirkan. Dokter yang merawatnya pun rupanya sudah tak dapat berbuat lebih banyak lagi. Kemudian setelah Maria sempat berpesan kepada Tuti dan Yusuf agar keduanya tetap bersatu dan menjalin hubungan rumah tangga, Maria menghembuskan napasnya yang terakhir. "Alanekah bahagianya saya di akhirat nanti, kalau saya tahu, bahwa kakandaku berdua hidııp zııkun dan berkasih-kasihan seperti kelihatan kepada saya dalam beberapa hari ini. inilah permintaan saya, saya tidak tela seiama-lamanya kalau kakandaku masing-masing mencari peruntungaıı pada orang lain". Demikianlah pesan terakhir almarhum Maria. Lalü sesuai dengan pesan tersebut Yusuf dan Tuti akhirnya tidak dapat berbuat lain, kecuali melangsungkan perkawinan karena cinia keduanya memang sudah tumbuh.
(Sütan Takdir Alis ahbana : Layar Terkembang)
17 . Keunggulan dari isi kuiipan novel di ata adalah…
A. Maria sangat mencintai Yusuf.
B. Cerita yang disuguhkan kepada pembaca sangat menarik.
C. Yusuf dan Tuti akhirnya melangsungkan   perkawinan.
D. Maria jatuh sakit dan kondisi kesehatannya semakin mengkhawatirkan
E. Maria akhimya meninggal dunia.
18. Bacalah kutipan novel berikut dengan saksama! Sayembara buka kelambu dari orang-orang Dukuh Paruk pula aku tahu syarat terakhir yang harııs dipenuhi Srintil bernama Buka Kelambu. Berdiri bulu kudukku setelah mengetahui macam apa persyaratan itu. Buka kelambu adalah semacam sayembara, terbuka laki-laki manapun.
( Ronggeng Dukuh Paruk : Akhmad Tohari )
Nilai budaya yang tergambar pada kutipan novel tersebut adalah .
A. Sayembara buka kelambu   
B. Berdiri bükü kudukku
C. Srintil seorang ronggeng
D. Tokoh utamanya Srintil
E.  Latar tempatnya di Dukuh Paruk
Bacalah kutipan novel berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 19 sampai 21!
Kemudian Pak Balam membuka matanya dan memandang mencari muka Wak Katok. Ketika pandangan mereka bertaut, Pak Balam berkata kepada Wak Katok, "Akuilah dosa-dosamu, Wak Katok, dan sujudlah ke hadirat Tuhan. Mintalah ampun kepada Tuhan Yang Maha Penyayang dan Maha Pengampun, akuilah dosa-dosamu, juga supaya kalian dapat selamat keluar dari rimba ini, terjatuh dari bahaya yang dibawa harimau biarlah aku yang jadi korban ...
( Harimau! Harimau!, Muchtar Lubis)
19.  Nilai agama yang terungkap dalam kutipan tersebut adalah …
A. Menasihati orang-orang yang telah berbuat
 kejahatan.
B. Melakukan tobat dan memintq ampun atas dosa dosa.
C. Meminta ampun kepada Tuhan dengan cara bersujud selalu.
D. Mengakui kesalahan dan dosa-dosa yang dilakukan.
E. Berbicara dengan membuka mata dan memandang lawan bicara
20. Amanat yang tersirat dalam kutipan novel di atas adalah...
A. Mereka selamat dari bahaya ancaman
harimau hutan.
B. Cepatlah meminta ampunan ke hadirat
Tuhan YME jika telah berbuat kesalahan.
C. Pak Balam membuka matanya dan
memandang mencari Wak Katok.
D. Pak Balam menasihati Wak Katok dan
teman-temannya yang lain.
E. Pak Balam membiarkan dirinya menjadi
korban harimau hutan.
21. Nilai-nillai yang tersirat dalam kutipan novel tersebut bila di kaitkan dengan kehidupan sehari-hari adalah …
A. Pak balam membiarkan dirinya menjadi korban harimau hutan
B. Wak katok sujud dan memohon ampun
C. Sesama teman harus saling menasihati dalam hal kebaikan
D. Bertemu harimau galak dalam sebuah hutan
E. Gambaran kehidupan penduduk yang mata pencaharian nya berburu hewan hutan.
22. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!  Perhatikan kutipan surat lamaran pekerjaan berikut! Sebagai bahan pertimbangan Bapak/lbu, saya melampirkan :
1) Fotokopi ijazah terakhir beserta transkip
nilai 1 (satu) lembar;
2) Fotokopi kartu pencari kerja I (satu)
lembar;
3) Surat keterangan berkelakuan baik;
4) Surat keterangan sehat;
5) Pasfoto ukuran 3x4 dua lembar
Kutipan di atas dalam surat lamaranpekerjaan merupakan bagian ...
 A. perihal   
 B. pembuka surat
 C. alamat yang dituju
 D. data pendukung
 E.  kepala surat
23.  Bacalah iklan Iowongan berikut dengan  saksama !
                             DIBUTUHKAN
Perusahaan Distributor Kimia
membutuhkan karyawan untuk  
ditempatkan di Surabaya,
Semarang, dan Sumatera. Kualifikasi Iowongan
sebagai Marketing Reps (MR). Syarat : Pria ,
usia maksimal 30 tahun D.3/S.1 Menguasai komputer
Memiliki SIM C & A, Kirim lamaran ke PT BUMI MAKMUR LESTARI UTAMA, Gedung Jagat 3, jaian Soeroso 42,  Menteng, Jakarta Pusat. Sumber: Kom as, 24 A Stus 2018
Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang  sesuai dengan iklan tersebut yang tepat adalah …
A. Berhubung iklan Bapak dalam Kompas, 24 
  Agustus 2018, dengan ini saya melamar.
B. Berhubungan iklan yang Bapak kirim dalam  Kompas, 24 Agustus 2018, dengan ini saya   melamar.
C. Berdasar iklan yang Bapak kirim dalam   Kompas, 24 Agustus 2018, dengan ini saya melamar pekerjaan sesuai dengan kualifikasi Iowongan yaitu Marketing Reps (MR).
D. Berdasarkan iklan di Kompas, 24 Agustus    2018, bahwa PT Bumi Makmur Lestari    memerlukan tenaga Marketing Reps (MR).Maka dengan ini saya mengajukan lamaran sesuai dengan kualifikasi Iowongan tersebut.
E.  Saya membaca iklan pada Kompas, 24 Agustus 2018, bahwa perusahaan PT Bumi Makmur Lestari memerlukan tenaga Marketing Reps (MR). Maka dengan ini saya berusaha
24.  Cermati penggalan surat lamaran kerja berikut! Atas perhatiannya dan perkenannya, saya mengucapkan banyak terima kasih Bagian yang harus diperbaiki dalam kalimat tersebut adalah . .
A. Partikel-nya pada kataperhatiannya dan
perkenannya, serta kata banyak dihilangkan.
B. Hilangkan kata dan perkenannya dan
banyak serta di awal kalimat ditambahkan Demikianlah.
C. Kata mengucapkan diganti dengan
menyampaikan dan kata perk,ŕ'ąannya dihilangkan.
D. Hilangkan partikel-nya pada kata
perhatiannya,dan hilangkanjuga kata perkenannya..
E. Ganti partikel-nya pada kata perhatiannya
menjadi Bapak/lbu, kata dan, perkenannya dan kata banyak dihilangkan.
25. Cermati identitas elamar berikut!
Pelamar bernama : Muliawati Lahir di Tangerang, 19 Februari 1979 Tinggal di Jalan Percetakan Negara X/3, Kelurahan Rawasari Jakarta Pusat Dengan latar endidikan Sl- Ekonomi Penulisan pemerian identitas yang sesuai dengan identitas pelamar tersebut adalah .
A. Nama    • Muliawati Tempat/tanggal lahir
• Tangerang, 19 Februari 1979
Pendidikan• Sl Ekonomi
Alamat    • JIn. Percetakan Negara X/3, Kelurahan Rawasari Jakarta Pusat
B. nama• Muliawati
tempat/tanggallahir. Tangerang, 19 Februari 1979
pendidikan• S-l Ekonomi
alamat    :JIn  Percetakan Negara X/3, Kelurahan Rawasari Jakarta Pusat
C. nama•  Muliawati
tempat,tanggal lahir • Tangerang, 19 Februari 1979
pendidikan• S-1 Ekonomi
alamat : Jalan Percetakan Negara X/3, Kelurahan Rawasari Jakarta pusat
D. Nama• MULIAWATI
Tempat,tanggal Lahir : Tangerang, 19 Februari 1979
Alamat    • JIn. Percetakan Negara X/3, Kelurahan Rawasari Jakarta Pusat
Pendidikan • Sl Ekonomi
E. Nama • Muliawati
Tempat/tanggal Lahir : Tangerang/ 19 Februari 1979
Pendidikan • Sl Ekonomi
Alamat    : Jalan. Percetakan Negara X/3, Kelurahan Rawasari Jakarta Pusat   
26. Perhatikan hal-hal berikut!
(l)  Menggunakan bahasa baik dan benar
(2) Menggunakan verbal material
(3) Menggunakan kata-kata yang sopan
(4) Bersifat subjektif
(5) Berisi kata  en antar 'elas, sin kat, te at sasaran
Yang termasuk ciri-ciri kebahasaan dalam penulisan surat lamaran pekerjaan adalah .

A.(1), (2), dan (3)   
B. (2), (3), dan (4)
C. (2), dan (4)
D. (2), (4), dan (5)
E. (1), (3), dan (5)
27. Perhatikan enulisan titiman sa surat lamaran pekerjaan berikut!
TANGERANG, 18 - 10-2018 Penulisan titimangsa surat yang benar adalah …            
A. TANGERANG, 18 - OKTOBER 2018
B. Tangerang, 18 - 10-2018
C. Tangerang, 18 Oktober 2018.   
D. Tangerang. 18 Okt 2018
E. Tangerang, 18 Oktober 2018
28. Bacalah kuti an teks cerita sejarah berikut!
TAN MALAKA
Ia lahir dengan nama Ibrahim pada masa paceklik. Tepat ketika bundanya melahirkannya, seorang lelaki tua misterius mendatangi ayahnya, Sutan Rasyad, dan berkata bahwa kelak putranya membawa perubahan besar didunia
Kutipan teks di atas adalah bagian …
A. laporan   
B. komplikasi
C. peristiwa
D. orientasi
E. reorientasi 
29.  Bacalah kuti an teks cerita se•arah berikut!
SEJARAH SINGKAT PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI
Setelah itu Soekarno dan M.Hatta terpilih atas usul dari Oto Iskandardinata dan persetujuan dari PPKI sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia yang pertama. Presiden dan wakil presiden akan dibantu oleh sebuah Komite Nasional.
Kutipan teks di atas adalah bagian .
A. laporan   
B. komplikasi   
C. peristiwa
D. orientasi
E. reorientasi
Kutipan teks cerita sejarah berikut untuk menjawab soal nomor 30 dan 31.
Dari kota-kota di Nederland, Tan lantas bergerilya ke Sumatera dan Jawa, mengobarkan semangat perlawanan terhadap kaum penjajah. la harus berhadapan dengan para kapitalis perkebunan, sindikat pengusaha gula, dan Gubernur Jenderal Hindia. Dalam kejaran polisi intelijen pemerintah kolonial, Tan bergerak di bawah tanah untuk mencegah malapetaka pertama dalam sejarah Hindia abad ke-20.
30. Nilai moral yang tersirat dalam kutipan teks di atas adalah .
A. materialistis   
B. nasionalis
D. arogan
C. hedonisme
E. kapitalisme
31. Nilai pendidikan yang tersirat dalam kutipan teks di atas adalah ...
A.Bergerilya melawan penjajah   
B.Menjadi pengusaha gula
C. Menjadi polisi inteljen
D. pergi ke Nederland
E. menjadi sindikat pengusaha gula
Kutipan teks cerita sejarah berikut untuk menjawab soal nomor 32 sampai 35.
Terjadi peperangan pada semua negara di dunia ketika terjadi Perang Dunia ke Il. Negara yang tergabung Blok Poros yaitu Jerman, Italia, dan Jepang melawan Blok Sekutu yang terdiri dari Inggris, Perancis, Amerika Serikat, Belanda, Belgia, Cina dan Rusia. Kekacauan ini disebabkan penyerangan Jerman atas Polandia pada tahun 1939 dan kekalahan Jepang di Pear Harbour pada tahun 1941.
32. Kata "melawan" dalam teks di atas , termasuk verbal...
A. relasional   
D.irrasional
B.rasional
C.material
33. Keterangan waktu dalam kutipan teks di atas adalah ...   
A. Peperangan   
B. Amerika Serikat
C. Blok   
D. tahun 1941
E. mental
34. Keterangan tempat dalam kutipan teks di atas adalah ...   
A. di dunia   
B. disebabkan
C. peperangan   
D. kekacauan
E. kekalahan
35. Konjungsi temporal yang digunakan dalam teks di atas adalah .
A. dan   
B. ketika   
C. disebabkan
D. serta
E. yaitu



Il. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
Perhatikan format surat lamaran pekerjaan berikut dengan seksama !
1…………………….
2……………………..
3……………………..

4……………………..
  ……………………..

5……………………..
6……………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………..
7……………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………..
 8……………………………………………………………………………………….
…………………………………………
 9………………………..
 10……………………
1. Tuliskan unsur-unsur surat lamaran pekerjaan sesuai dengan format di atas !

2. Tuliskan teknik/tata cara penulisan alamat yang dituju sesuai PUEBI !
3. Perhatikan kutipan pembuka surat lamaran pekerjaan berikut, kemudian suntinglah agar menjadi pembuka surat lamaran pekerjaan yang efektif !

Saya adalah seorang insinyur mesin yang berpengalaman. Maka setelah membaca iklan di harian Jawa Pos, 23 Pebruari 2018, saya mengajukan lamaran pekerjaan.

4. Bacalah kutipan teks cerita sejarah berikut dengan saksama !
Arena lomba yang bertempat di lapangan PERSIKABO. Aku beserta team paskibraku diharuskan untuk menginap di sekolah. Setelah waktu menunjukan pukul 02:00 dini hari, aku bersiap melakukan perjalanan. Karena jarak yang cukup jauh dan rasa kantuk yang masih menerpaku, aku pun melanjutkan tidurku di bus yang akan mengantarkan ke arena lomba. Kurang lebih 4 jam menempuh perjalanan, tepatnya pukul 06:00 pagi, kami tiba di tempat. Sesegera mungkin aku bangkit dari tidurku dan bersiap menghadapi lomba.

Suasana pagi yang dingin sama sekali tidak terasa. Udara dingin seakan terganti oleh panasnya persaingan antar pasukan. Setelah selesai bersiap-siap, aku dan tim paskibraku melakukan pemanasan atau gladi bersih. Namun , sebelum itu tentu saja kami sarapan terlebih dahulu. Pada saat melakukan gladi bersih, aroma persaingan sudah mulai terasa. Setiap pasukan saling unjuk kebolehannya. Tentu saja hal itu membuat aku sedikit grogi. Namun sebisa mungkin kutepis semua itu dan berusaha fokus.
Analisislah ciri kebahasaan teks cerita sejarah tersebut meliputi penggunaan konjungsi temporal, penggunaan verbal material, penggunaan kata serapan dan kalimat bermakna lampau!

5. Perhatikan kuti an teks editorial berikut den an saksama !
Sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) telah menetapkan UMP 2019 sebesar 8,03%. Angka UMP tersebut ditetapkan berdasarkan hasil dari pertambahan UMP 2018 yang dikali lipat gandakan dengan tingkat inplasi plus penumbuhan ekonomi nasional. Hal ini mengacu pada Pasal 44 ayat I dan 2, PP No 78 Tahun 2015 tentang perupahan.
                                                                                                     SINDOnews Com : 20 Oktober 2018

Suntinglah kutipan teks tersebut berdasarkan PUEBI ( Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia)!
Selamat Mengerjakan
[8]

Baca Juga : Contoh Proposal Isra Mi'raj Terbaru

0 Response to "Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas X, XI, Dan XII Terbaru."

Posting Komentar